HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PENGARUH TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU MEMILIH MAKANAN JAJANAN PADA ANAK SD NEGERI 09 SURAU GADANG KOTA PADANG TAHUN 2019

Vionita, Safitri (2020) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PENGARUH TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU MEMILIH MAKANAN JAJANAN PADA ANAK SD NEGERI 09 SURAU GADANG KOTA PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII KESEIMPULAN)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (638kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview

Abstract

Perilaku mengkonsumsi makanan jajanan di lingkungan sekolah banyak dilakukan terutama pada anak usia sekolah. Pemilihan makanan jajanan merupakan perwujudan dari perilaku yang dipengaruhi banyak faktor baik intern dan ekstern. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan pengaruh teman sebaya dengan perilaku memilih jajanan pada anak SD Negeri 09 Surau Gadang Kota Padang. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional study. Populasi berjumlah 288 orang dengan sampel 168 responden dengan menggunakan teknik sampling yaitu proporsional random sampling. Penelitian dilakukan dari bulan Maret sampai Desember 2019 dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil 55,4% responden memiliki pengetahuan yang cukup, 57,1% responden mendapatkan pengaruh negatif dari teman sebaya, dan 52,4% responden memiliki perilaku tidak sehat dalam mengonsumsi makanan jajanan. Kesimpulan penelitian didapatkan hubungan pengetahuan dengan perilaku memilih makanan jajanan pada anak dengan (p=0,005) dan pengaruh teman sebaya dengan perilaku memilih makanan jajanan pada anak (p=0,004). Dari penelitian ini diharapkan lembaga pelayanan kesehatan dapat bekerjasama dengan sekolah agar lebih aktif dalam memberikan edukasi dan konseling mengenai kriteria makanan sehat yang akan dikonsumsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Deswita M. Kep Sp.Kep An
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 17 Jan 2020 15:20
Last Modified: 17 Jan 2020 15:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55194

Actions (login required)

View Item View Item