HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG STIMULASI DINI DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK PRASEKOLAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG PASIR KOTA PADANG TAHUN 2019

Aysha, Amelia (2020) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG STIMULASI DINI DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK PRASEKOLAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG PASIR KOTA PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII KESIMPULAN)
3. BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULLtext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Perkembangan bahasa pada anak prasekolah memiliki pengaruh yang besar terhadap tahapan perkembangan di usia selajutnya. Kemampuan berbahasa anak sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dimana anak mendapatkan stimulasi, berinteraksi dan meniru orang disekitarnya. Ibu yang memiliki pengetahuan tentang perkembangan anak cenderung akan menciptakan lingkungan yang menstimulasi sehingga dapat mengoptimalkan perkembangan anak dan terhindar dari keterlambatan (delayed) bahkan peyimpangan tumbuh kembang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu tentang stimulasi dini dengan perkembangan bahasa anak usia prasekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Pasir Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Populasi penelitian adalah semua ibu yang memiliki anak usia prasekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Pasir, dengan jumlah sampel 107 orang dan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian yang dilakukan didapatkan 93,5% responden memiliki pengetahuan tinggi, 53,3% memiliki sikap positif, dan 77,6% anak memiliki perkembangan bahasa normal. Kesimpulan penelitian ada hubungan antara pengetahuan ibu (p=0,006) dan sikap ibu (p=0,000) dengan perkambangan bahasa anak. Diharapkan dari hasil penelitian puskesmas dapat lebih aktif dalam menjalankan program stimulasi dan deteksi dini agar perkembangan anak dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Deswita, S.Kep, M.Kep, Sp.Kep.An
Uncontrolled Keywords: Perkembangan bahasa, pengetahuan, sikap, ibu, anak prasekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 17 Jan 2020 15:24
Last Modified: 17 Jan 2020 15:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55192

Actions (login required)

View Item View Item