Analisis Kejadian Bullying dan Hubungannya Dengan Resiliensi Pada Anak Difable Fisik Di Sekolah LuarBiasa Kota Padang Tahun 2019

Sri, Rahma Yabti (2020) Analisis Kejadian Bullying dan Hubungannya Dengan Resiliensi Pada Anak Difable Fisik Di Sekolah LuarBiasa Kota Padang Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII PENUTUP)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI SRI RAHMA YANTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Anak Difable Fisik masih menjadi golongan minoritas dikalangan masyarakat karena dipandang sebagai anak yang tidak berdaya dan tidak dapat melakukan aktivitas sehingga meningkatkan kejadian bullying. Anak difable fisik memiliki karakteristik yang berbeda baik dari segi mental, emosi dan fisik dengan anak normal seusianya sehingga memerlukan stimulus yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalsis kejadian bullying dan hubungannya dengan resiliensi pada anak difable fisik di Sekolah Luar Biasa Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling dengan jumlah sampel 35 anak. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 11 November sampai 6 Januari 2020. Instrument penelitian ini menggunakan Multidimentional Peer Victimization Scale dan Blue Print Scale Resilience yang dimodifikasi. Hasil penelitian didapatkan hampir seluruh anak difable fisik mengalami bullying verbal (88,6%), dan sebagian besar mengalami bullying fisik (71,4%) dan bullying sosial (51,4%) dan terdapat hampir seluruh anak difable fisik memiliki resiliensi rendah (80,0%) dan sebagian kecil memiliki resiliensi tinggi (20,0%). Hasil analisis menggunakan Chi-Square yang menunjukkan ada hubungan signifikan antara kejadian bullying dengan resiliensi pada anak difable fisik dengan P value (0,029). Diharapkan adanya dukungan keluarga, dukungan sosial, kekuatan diri sendiri dan kemampuan interpersonal pada anak agar anak difable fisik mempunyai resiliensi yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Jan 2020 15:28
Last Modified: 21 Jan 2020 15:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55188

Actions (login required)

View Item View Item