PENGARUH PENDIDIKAN BENCANATERHADAPKESIAPSIAGAAN LANSIA MENGHADAPI BENCANADI PUSKESMAS ULAK KARANGKOTA PADANG TAHUN 2019

Budi, Yuniarto (2019) PENGARUH PENDIDIKAN BENCANATERHADAPKESIAPSIAGAAN LANSIA MENGHADAPI BENCANADI PUSKESMAS ULAK KARANGKOTA PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Dan Abstrak)
1. Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. Bab 1 Pendahuan.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Penutup)
3. Bab 7 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
5. Skripsi Full teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Bencana merupakan fenomena kejadianalam dimana kedatangannya terkadang secara tiba-tiba. Bencana alam dapat menyebabkan kerugian material maupun kehilangan jiwa. Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan BencanaProvinsi Sumatera Barat salah satu bencana yang mengancam di daerah Sumatera Barat antara lain gempa dan tsunami. Bencana yang datang secara tiba-tiba mengharuskan kita untuk selalu siaga. Kesiapsiagaan ini mencakup semua orang termasuk didalamnya lansia. Selain kelemahan fisik lansia juga terkadang sendirian dirumah di saat anggota keluarga yang lain beraktifitas di luar rumah. Maka dari kita perlu mempersiapkan lansia untuk mampu melindungi diri sendiri serta mampu menyelamatkan diri sendiri jika terjadi bencana gempa bumi. Untuk meningkatkan kemampuan lansia dalam menghadapi bencana penulis merasa perlu diberikan pendidikan bencana pada lansia. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pendidikan bencana terhadap kesiapsiagaan lansia menghadapi bencana. Jenis penelitian adalah,quasy exsperiment design dengan rancangan one group pretest and posttest design. yang dilaksanakan pada tanggal 15 November 2019 di Puskesmas Ulak Karang Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan pusposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 43 orang secara berkelompok. Analisa data menggunakan uji T Dependen. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendidikan bencana terhadap kesiapan lansia menghadapi bencana dengan nilai p value 0.000. Hasil penelitian ini diharapkan meningkatkan kemampuan lansia dalam melalukan tindakan untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, kesiapsiagaan, bencana
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Jan 2020 10:54
Last Modified: 13 Jan 2020 10:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54644

Actions (login required)

View Item View Item