PERBANDINGAN WACANA IKLAN PRODUK KECANTIKAN CITRA DAN SHINZU'I DALAM MEDIA TELEVISI INDONESIA DAN PERGERAKAN WACANANYA

Anne, Pratiwi (2019) PERBANDINGAN WACANA IKLAN PRODUK KECANTIKAN CITRA DAN SHINZU'I DALAM MEDIA TELEVISI INDONESIA DAN PERGERAKAN WACANANYA. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah wacana iklan produk kecantikan yang muncul di media televisi Indonesia. Data penelitian diambil dari iklan produk kecantikan dengan merek Citra dan Shinzu'i. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dan membaca pergerakan wacana iklan produk Citra dan Shinzu'i yang muncul di televisi Indonesia. Analisis perbandingan wacana dilakukan atas teori perbandingan wacana (BREAK). Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan analisis data dilakukan dengan metode analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konfigurasinya kedua wacana memiliki esensi yang sama (kovergen). Kedua wacana memiliki esensi sebagai media promosi produk kecantikan. Konfigurasi dalam butir spirit menunjukkan bahwa kedua wacana memiliki motif yang berbeda (divergen) dalam mempromosikan produknya. Wacana primer muncul dengan sebuah identitas produk yang menekankan pada keunggulan dan kecantikan alami wanita Indonesia. Wacana sekunder hadir dengan keunggulan dan kecantikan alami wanita Jepang. Esensi dan spirit wacana dalam butir konfigurasi menunjukkan bahwa tipe pergerakan wacananya adalah konvergen-divergen (KODI). Secara ideologi kedua wacana mengusung ideologi kapitalis dengan menciptakan hegemoni pada iklan yang dibuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: DR. Sawirman, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: iklan, produk kecantikan, perbandingan wacana
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu linguistik
Date Deposited: 13 Jan 2020 12:06
Last Modified: 13 Jan 2020 12:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54576

Actions (login required)

View Item View Item