ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. D DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA LANJUT DAN MANAJEMEN KASUS: TERAPI SENAM OTAK SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DEMENSIA PADA LANSIA

Tri, Guspita Sari (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. D DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA LANJUT DAN MANAJEMEN KASUS: TERAPI SENAM OTAK SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DEMENSIA PADA LANSIA. Other thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER UPLOAD tri guspita sari.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I UPLOAD tri guspita sari.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V UPLOAD tri guspita sari.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA UPLOAD tri guspita sari.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL)
KIA FULL tri guspita sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seseorang yang berada pada pencapaian lanjut usia akan mengalami beberapa perubahan seperti perubahan fisik, psikologis, dan spiritual. Berbagai upaya dilakukan untuk memaksimalkan potensi lansia dan meminimalkan efek penuaan yang dapat membantu meningkatkan integritas diri lansia. Salah satu tugas dan fungsi CMHN (Community Mental Health Nursing) yakni manajemen kasus kesehatan jiwa dalam bentuk pendidikan kesehatan terapi senam otak sebagai upaya pencegahan demensia pada lansia. Karya ilmiah ini bertujuan memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif pada klien dengan kesiapan peningkatan perkembangan usia lanjut serta memberikan terapi senam otak pada lansia di RW VIII Kelurahan Parak Gadang Timur. Pelayanan asuhan keperawatan dilaksanakan tanggal 4-30 November 2019 dan manajeman kasus pada tanggal 22 November 2019. Desain penelitian ini adalah quasy experiment dengan pre dan post test without control dengan teknik probability sampling yaitu 10 orang lansia yang melakukan senam otak tiga kali dalam seminggu. Hasil rata-rata skor MMSE menunjukkan peningkatan rata-rata skor fungsi kognitif lansia pada pre test 24.5 dan pada post test menjadi 26.3. sehingga artinya ada pengaruh peningkatan fungsi kognitif lansia saat setelah diberikan terapi senam otak. Diharapkan perawat CMHN dapat memberikan asuhan keperawatan terhadap keluarga dengan peningkatan usia lanjut dan melanjutkan melaksanakan pelaksanaan manajemen kasus pada kelompok sehat terutama pencegahan demensia pada lansia.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Ns. feri Fernandes, M.Kep, Sp.KepJ
Uncontrolled Keywords: lansia, CMHN, senam otak, demensia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Jan 2020 12:08
Last Modified: 13 Jan 2020 12:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54575

Actions (login required)

View Item View Item