Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Pemberian ASI Eksklusif Pada Ibu Bekerja Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2019

Minah, Sari (2020) Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Pemberian ASI Eksklusif Pada Ibu Bekerja Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemberian ASI eksklusif merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan status gizi anak dalam 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK). Salah satu kendala dalam pemberian ASI eksklusif adalah pekerjaan. Ibu harus kembali bekerja sehingga ibu harus meninggalkan bayi. Dukungan suami, dan masyarakat serta pihak terkait lainnya sangat dibutuhkan untuk memotivasi ibu dalam memberikan ASI eksklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan pemberian ASI eksklusif pada ibu bekerja. Jenis penelitian ini adalah deskriftif analitik dengan pendekatan studi cross sectional dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Andalas pada bulan Oktober sampai November 2019 terhadap 131 ibu bekerja yang mempunyai bayi usia 6-12 bulan. Analisa data menggunakan analisa univariat disajikan dalam tabel distribusi frekuensi, sedangkan data bivariat menggunakan tabel silang dengan uji chi-square. Hasil analisa univariat menunjukkan sebagaian besar (55,7%) responden mendapat dukungan yang kurang baik dan sebagian besar (56,5%) tidak memberikan ASI eksklusif pada bayinya. Berdasarkan uji Chi-square dengan derajat kemaknaan p value <0,05 menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan pemberian ASI eksklusif pada ibu bekerja (p value=0,000). Diharapkan kepada keluarga/suami untuk lebih memperhatikan dan memotivasi ibu bekerja dalam pemberian ASI eksklusif agar proses menyusuinya terlaksana dengan baik dan ASI eksklusif tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Lili Fajria, S.Kep, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Pemberian ASI eksklusif, Ibu Bekerja, Dukungan Keluarga
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 Jan 2020 11:45
Last Modified: 11 Jan 2020 11:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54535

Actions (login required)

View Item View Item