ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY. Y DENGAN HIPERTENSI MELALUI PENERAPAN TERAPI SPRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (SEFT) DI RW VI KELURAHAN SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO KOTA PADANG

Ingga, Afriona (2019) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY. Y DENGAN HIPERTENSI MELALUI PENERAPAN TERAPI SPRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (SEFT) DI RW VI KELURAHAN SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (620kB) | Preview
[img] Text (KIA Lengkap)
KIA LENGKAP (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat/tenang. Pada keluarga ditemukan belum optimalnya perawatan dan peran keluarga dalam perawatan lansia dengan hipertensi sehinga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat dan berkesinambungan. Tujuan dari laporan ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap pasien hipertensi melalui penerapan terapi Spritual Emosional Freedom Technique (SEFT) untuk menurunkan tekanan darah. Laporan ilmiah ini menggunakan metode studi kasus, sedangkan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terjadi penurunan tekanan darah, terbukti dengan tekanan darah sebelum intervensi 160/100 mmHg menjadi 140/80 mmHg setelah diberi intervensi selama 7 hari. Saran dari laporan ini adalah agar tenaga kesehatan mengoptimalkan pelayanan pada kelompok lansia serta dapat menjadikan terapi SEFT sebagai salah satu terapi komplementer dalam mengatasi hipertensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Lansia, Terapi Spritual Emosional Freedom Technique (SEFT)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Jan 2020 14:27
Last Modified: 10 Jan 2020 14:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54395

Actions (login required)

View Item View Item