ASUHAN KEPERAWATAN PADA An.A DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA REMAJA DAN MANAJEMEN KASUS: PENDIDIKAN KESEHATAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA SEKOLAH

YARA, AGUSTIN (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA An.A DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA REMAJA DAN MANAJEMEN KASUS: PENDIDIKAN KESEHATAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA SEKOLAH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN(1).pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEXT)
KIA FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Remaja yang mengalami kegagalan dalam mengembangkan rasa identitasnya, akan menyebabkan kehilangan arah, mengalami kebingungan peran yang berdampak buruk bagi perkembangan dirinya, seperti melakukan tindakan kriminal sehingga dipandang sebagai penyimpangan atau kenakalan oleh lingkungannya. Tujuannya agar mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan pada klien dengan peningkatan perkembangan anak usia remaja dan manajemen kasus : pendidikan kesehatan tentang tumbuh kembang pada anak usia sekolah di Kelurahan Parak Gadang Timur. Metode yang digunakan study kasus pada An. A, brain storming dan diskusi kelompok tentang pendidikan kesehatan tumbuh kembang anak usia sekolah berjumlah 30 orang beserta orangtua. Alat ukur untuk pengetahuan orangtua menggunakan kusioner (10 pertanyaan) dan identitas diri menggunakan Tennesse Self Consept Scale (TSCS). Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 18 sampai 29 November 2019 dan manajemen pelayanan keperawatan dilakukan pada tanggal 23 November 2019. Hasil dari Management Of Care didapatkan An.A merasa percaya diri dari sebelumnya, mempunyai rencana kedepan dan terjadi peningkatan identitas diri An.A yaitu sebelumnya nilai 83 menjadi 99 artinya mengalami peningkatan sebesar 16 poin. Hasil dari Management Of Service pendidikan kesehatan tumbuh kembang anak usia sekolah didapatkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan orangtua sebesar 35 poin (pre test: 54,2 dan post test: 89,2). Hasil uji paried t-test nilai p=0,000 (<0,05), artinya adanya perubahan yang signifikan antara pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan. Saran untuk kader kesehatan jiwa agar melakukan kegiatan rutin setiap bulannya yaitu memberikan pendidikan kesehatan pada remaja dan orang tua agar dapat memeberikan stimulasi psikososial dengan terapi melukis yang dapat mengembangkan potensial diri remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns.Dewi Eka Putri, M.Kep, Sp.Kep.J
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, Tumbuh Kembang Remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Jan 2020 12:41
Last Modified: 10 Jan 2020 12:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54385

Actions (login required)

View Item View Item