Mergana, Satwika Arini (2019) Asuhan Keperawatan Jiwa pada An.F dengan Kesiapan Peningkatan Perkembangan Usia Sekolah dan Manajemen Kasus: Penyuluhan Bahaya Gadget Terhadap Psikologis Anak Usia Sekolah. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (231kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (357kB) | Preview |
|
Text (KIA FULL TEXT)
KIA FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sebanyak 33,3% mayoritas anak usia sekolah memiliki perkembangan psikososial yang menyimpang seperti jarang bersosialisasi dengan teman sebaya dan takut untuk unjuk diri mengikuti perlombaan. Penggunaan gadget merupakan salah satu faktor penyebab perkembangan psikososial yang menyimpang ini. Rumah Sakit Jiwa Jabar mencatat 81 orang anak usia sekolah dirawat akibat kecanduan gadget. Karya ilmiah ini bertujuan untuk memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif pada anak usia sekolah dan mampu menerapkan manajemen kasus berupa penyuluhan bahaya gadget terhadap psikologis anak usia sekolah. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 05 - 15 November 2019 dan manajemen pelayanan keperawatan dilaksanakan tanggal 23 November 2019. Evaluasi akhir dari asuhan keperawatan menggunakan kuesioner pengetahuan bahaya gadget yang diberikan pada 30 responden yaitu 15 orangtua dan 15 orang anak. Hasil asuhan keperawatan yang telah dilakukan adalah anak dapat mencapai perkembangan yang optimal, namun masih diperlukannya stimulasi lanjutan terkait perkembangan psikososial dimana anak masih cenderung senang dirumah dengan gadget pribadi sehingga jarang bersosialisasi dengan teman sebaya. Pada penerapan manajemen kasus penyuluhan bahaya gadget terhadap psikologis anak usia sekolah didapatkan selisih rata-rata skor pengetahuan pada orang tua yaitu 2,13 (Pretest 7,40 Posttest 9,53) dan pada anak usia sekolah dengan selisih 2,54 (Pretest 6,73 Posttest 9,27) dengan uji paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna pada pengetahuan orangtua dan anak saat pretest dan posttest (p<0.05). Disarankan kepada orangtua untuk lebih meningkatkan pemberian stimulasi pada aspek psikososial anak dengan mendorong anak untuk bermain dengan teman sebayanya, yang mana sekaligus sebagai upaya pengalihan anak dalam penggunaan gadget. Kata Kunci : Stimulasi, Usia Sekolah, Gadget Daftar Pustaka : 99 (2004-2019)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Ns.Dewi Eka Putri, M.Kep,Sp.Kep.J |
Uncontrolled Keywords: | Stimulasi, Usia Sekolah, Gadget |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Program S1 Keperawatan |
Date Deposited: | 10 Jan 2020 12:13 |
Last Modified: | 10 Jan 2020 12:13 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54375 |
Actions (login required)
View Item |