Asuhan Keperawatan Ansietas Pada Ny. N Dan Manajemen Kasus Pendidikan Kesehatan Ansietas Pada Pederita Hipertensi Wilayah Kerja Puskesmas Andalas

DESY, PUTRI ANGGI SIREGAR (2019) Asuhan Keperawatan Ansietas Pada Ny. N Dan Manajemen Kasus Pendidikan Kesehatan Ansietas Pada Pederita Hipertensi Wilayah Kerja Puskesmas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img] Text (Karya Ilmiah Akhir)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang menimbulkan dampak fisik maupun psikologis. Dampak psikologis yang sering dialami penderita hipertensi yaitu ansietas. Salah satu penanganan untuk menurunkan ansietas adalah dengan pemberian pendidikan kesehatan dan melakukan teknik relaksasi otot progresif. Tujuan dari karya ilmiah ini adalah untuk memberikan asuhan keperawatan pada klien dengan ansietas dan manajemen kasus : pendidikan kesehatan ansietas pada penderita hipertensi di RW 08 Kelurahan Parak Gadang Timur Kota Padang. Metode yang digunakan yaitu studi kasus dan pelaksanaan pendidikan kesehatan ansietas pada penderita hipertensi. Pelaksanaan studi kasus dimulai pada tanggal 13 - 28 November 2019, sedangkan pelaksanaan manajemen kasus pendidikan kesehatan pada tanggal 25 November 2019. Alat ukur untuk tingkat pengetahuan menggunakan kuesioner dengan 9 pertanyaan dan untuk mengukur tingkat ansietas menggunakan skala HARS (Hamilton Rating Scale For Anxiety). Hasil dari studi kasus didapatkan, adanya penurunan ansietas pada klien dari ansietas sedang (skor 22) menjadi ansietas ringan (skor 18). Sedangkan pada manajemen kasus didapatkan peningkatan pengetahuan dari 47% menjadi 80% dan didapatkan penurunan ansietas tingkat ringan dari 73% menjadi 46% setelah diberikan teknik relaksasi otot progresif. Diharapkan pada perawat Puskesmas untuk tetap melanjutkan pemberian asuhan keperawatan jiwa pada kelompok resiko dan mengoptimalkan pemberian pendidikan kesehatan pada masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Feri Fernandes, M.Kep., Sp.Kep. J
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Ansietas, Manajemen Kasus
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Jan 2020 11:53
Last Modified: 13 Jan 2020 11:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54357

Actions (login required)

View Item View Item