ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA Ny. I DENGAN KASUS ASAM URAT MELALUI PENERAPAN REBUSAN DAUN SALAM UNTUK MENURUNKAN KADAR ASAM URAT DI RW 6 KELURAHAN SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO

EGA, AYEN JASRI PRAWITA (2019) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA Ny. I DENGAN KASUS ASAM URAT MELALUI PENERAPAN REBUSAN DAUN SALAM UNTUK MENURUNKAN KADAR ASAM URAT DI RW 6 KELURAHAN SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEXT)
KIA FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Asam urat adalah penyakit yang terjadi karena penumpukan asam urat/kristal pada jaringan sendi akibat dari gangguan metabolisme purin dalam tubuh sehingga membuat kadar asam urat dalam darah meningkat dan lebih dari normal yang menyebabkan sendi mengalami peradangan sehingga menimbulkan rasa nyeri. Nyeri sendi menimbulkan ketidaknyamanan, keterbatasan pergerakan serta penurunan kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari yang akan berpengaruh terhadap kualitas hidup lansia. Pada pasien kelolaan ditemukan bahwa klien mempunyai masalah kadar asam urat yang tidak normal sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat dan berkesinambungan. Penatalaksanaan nonfarmakologi artritis gout dapat dilakukan dengan melakukan rebusan daun salam untuk menurunkan kadar asam urat. Tujuan dari laporan ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap pasien asam urat serta penerapan rebusan daun salan untuk menurunkan kadar asam urat. Laporan ilmiah ini menggunakan metode studi kasus, sedangkan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terjadi penurunan kadar asam urat, terbukti dengan penurunan kadar asam urat dari 6,9mg/dl stelah diberikan rebusan daun salam menjadi 5,7mg/dl. Saran dari laporan ini adalah agar petugas kesehatan dapat memberikan informasi bahwa rebusan daun salam dapat menurunkan kadar asam urat pada lansia dengan asam urat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Rika Sabri, S.Kp.M.Kes.Ns.Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Lansia, asam urat, daun salam
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Jan 2020 12:27
Last Modified: 10 Jan 2020 12:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54309

Actions (login required)

View Item View Item