Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Penderita Hipertensi Dengan Penerapan Yoga Di Komunitas Rw 6 Kelurahan Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang

Medhia, Iqlima (2019) Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Penderita Hipertensi Dengan Penerapan Yoga Di Komunitas Rw 6 Kelurahan Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover and abstract)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img] Text (karya ilmiah lengkap)
KTI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Lansia ialah kelompok yang beresiko atau at risk population yang rentan dalam mengalami permasalahan baik itu fisik, psikis dan gaya hidup. Dengan bertambahnya usia dan kemunduran fungsi organ tubuh khususnya pada lansia menyebabkan kelompok ini rawan terhadap berbagai penyakit kronis. Berdasarkan prevelensi dari gangguan kesehatan pada lansia hipertensi merupakan penyakit lansia terbanyak di indonesia. Pada pasien kelolaan belum optimalnya perawatan dan peran keluarga dalam perawatan lansia dengan hipertensi sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat dan berkesinambungan. Tujuan dari laporan ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap pasien hipertensi serta penerapan yoga untuk hipertensi. Karya ilmiah ini menggunakan metode studi kasus, sedangkan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terlihat peningkatan pengetahuan tentang hipertensi setelah dilakukan pendidikan kesehatan selama dua minggu dan tekanan darah sistol dan diastol rata-rata sebelum intervensi adalah 169 dan 90 menjadi 163 dan 84 setelah dilakukan yoga setiap setiap hari selama seminggu. Saran dari laporan ini adalah agar petugas kesehatan mengoptimalkan pelayanan pada kelompok lansia dan pemeriksaan kesehatan pada lansia yang berada di wilayah kerjanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Lansia, Hipertensi, Yoga
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Jan 2020 12:14
Last Modified: 10 Jan 2020 12:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54292

Actions (login required)

View Item View Item