Asuhan Keperawatan Pada Pasien Fibrosarkoma Dengan Penerapan Relaksasi Benso-Terapi Musik di Irna Bedah Wanita RSUP DR.MDjamil Padang

Ira, Angraini (2019) Asuhan Keperawatan Pada Pasien Fibrosarkoma Dengan Penerapan Relaksasi Benso-Terapi Musik di Irna Bedah Wanita RSUP DR.MDjamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img] Text (kia full)
kia ira watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fibrosarkoma merupakan tumor ganas langka yang berasal dari sel-sel masenkim, ditandai dengan fibroblas berbentuk spindle yang ditransformasikan secara patologis. Masalah yang ditimbulkan fibrosarkoma berupa munculnya benjolan pada bagian tubuh, dimana penanganannya berupa pembedahan radikal (eksisi luas). Tindakan pembedahan menimbulkan kecemasan pada pasien terkait dengan segala macam prosedur asing yang harus dijalani, dimana hal tersebut dapat memicu timbulnya kecemasan preoperatif. Teknik relaksasi yang dapat digunakan perawat dalam pemberian asuhan yang dapat menurunkan ansietas diantaranya adalah dengan menggunakan teknik relaksasi benson – terapi musik. Tujuan laporan ini adalah memaparkan asuhan keperawatan pada pasien fibrosarkoma dengan penerapan relaksasi benson-terapi musik sesuai EBN. Masalah keperawatan yang ditemukan ansietas, nyeri akut, dan gangguan citra tubuh. Masalah teratasi sesuai dengan indikator yang diharapkan dengan hari rawatan 3 hari dan intervensi 3 hari. Relaksasi benson-terapi musik terbukti sebagai terapi komplementer yang dapat menurunkan ansietas pasien fibrosarkoma dari skala Hospital Anxiety and Depression Scale (HARS) 18 menjadi 14. Disarankan kepada perawat agar menjadikan aplikasi ini sebagai terapi komplementer dalam menurunkan ansietas preoperatif pasien fibrosarkoma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Leni Merdawati, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Ansietas, Fibrosarkoma, Benson
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Jan 2020 14:46
Last Modified: 23 Jan 2020 14:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54229

Actions (login required)

View Item View Item