Weni, Lidya Hendayani (2016) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN INDIKATOR MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANGAN RAWAT INAP RSUD DR.ACHMAD MOCHTAR BUKITTINGGI. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (Bab VII)
BAB VII.pdf - Published Version Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA we.pdf - Published Version Download (253kB) | Preview |
|
Text (Tesis Fulltext)
fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (944kB) |
Abstract
Mutu pelayanan keperawatan di rumah sakit merupakan pencitraan bagi suatu rumah sakit tersebut. Pelaksanaan indikator mutu dipengaruhi oleh beberapa factor. Variabel yang mempengaruhi pelaksanaan indikator mutu adalah sikap, motivasi dan supervise kepala ruangan. Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis faktor- faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan indikator mutu keperawatan di rawat inap RSUD.DR.Achmad Mochtar Bukittinggi. Jenis penulisan ini adalah cross sectional study. Populasi dari penulisan ini adalah perawat pelaksana yang berada di rawat inap RSUD.DR. Achmad Mochtar, dengan teknik pengambilan sampel proposional simple random sampling yaitu sebanyak 141 orang. Penulisan ini menggunakan kuesioner dan analisa data dilakukan secara univariat dan bivariate memakai uji chi- square. Hasil univariat ditemukan bahwa 53,9% responden memiliki sikap yang negative, 61% responden memiliki motivasi yang tinggi 59,6% responden mengatakan kepala ruangannya kurang baik dalam melaksanakan indikator mutu pelayanan keperawatan. Terdapat hubungan yang bermakna antara sikap dengan pelaksanaan indikator mutu pelayanan keperawaran p value 0,001. Tidak ada hubungan yang bermakna antara motivasi perawat dengan pelaksanaan indikator mutu pelayanan p balue 0,606. Terdapat hubungan yang bermakna antara supervise kepala ruangan dengan pelaksanaan indicator mutu pelayanan p value 0,003. Diharapkan pada pihak rumah sakit Achmad Mochtar untuk dapat menerapkan pelaksanaan indikator mutu pelayanan keperawatan. Bagi penulis selanjutnya dapat dikembangkan menjadi luas dengan menggunakan metode kualitatif. Kata Kunci : Sikap, Motivasi, Supervise Kepala Ruangan, Indikator mutu Daftar Pustaka : 45 (2000- 2014)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 keperawatan keperawatan |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 08:52 |
Last Modified: | 27 Apr 2016 08:52 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/5384 |
Actions (login required)
View Item |