STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR BAWAH BUKITTINGGI

DIANA, KARTIKA DEWI (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR BAWAH BUKITTINGGI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. COVER AND ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I Pendahuluan)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab VI kesimpulan)
3. BAB VI KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
5. TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Pasar tradisional merupakan salah satu basis kehidupan masyarakat golongan menegah kebawah. Seiring dengan perubahan model belanja masyarakat pada era tahun 2000’an adanya tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang lebih baik dari pasar tradisional. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pedagang dan pembeli terhadap kualitas pelayanan pengelolaan Pasar Bawah Bukittinggi, menganalisis faktor intenal dan faktor eksternal yang berpengaruh terhadap pengembangan Pasar Bawah Bukittinggi, dan kemudian menyusun strategi pengembangan Pasar Bawah Bukittinggi. Penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif, data yang diperoleh berupa data primer melalui kuisoner kepada pedagang, pembeli dan pengelola pasar, wawancara dan studi kepustakaan. Penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan Importance and Performance Analysis (IPA) yang menjadi prioritas utama pengembangan pasar Bawah Bukittinggi menurut pedagang adalah dimensi sarana fisik (tangible), jaminan (assurance) dan kepercayaan (reliability), sedangkan menurut pembeli adalah sarana fisik (tangible). Berdasarkan analisis Customer Statisfaction Indeks (CSI) tingkat kepuasan pedagang secara keseluruhan sebesar 65,6 % (cukup puas) dan pembeli sebesar 68% (puas). Kemudian berdasarkan analisis faktor Internal dan Eksternalnya pada matrik SWOT didapatkan enam strategi pengembangan Pasar Bawah Bukittinggi, namun yang menjadi prioritas pengembangan Pasar bawah Bukittinggi adalah (1) meningkatkan fasilitas umum dan sarana fisik pada pasar Bawah Bukittinggi, (2) melakukan revitalisasi Pasar Bawah Bukittinggi (3) pembinaan terhadap pegawai pengelola pasar dan pedagang berdasarkan analisi QSPM.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Firwan Tan, S.E, M.Ec, DEA. Ing
Uncontrolled Keywords: Pasar Tradisional, Kepuasan Pedagang dan pembeli, IPA, CSI, SWOT dan QSPM
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 perencanaan pembangunan
Date Deposited: 26 Nov 2019 11:18
Last Modified: 26 Nov 2019 11:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53824

Actions (login required)

View Item View Item