Hubungan Resiko Jatuh dengan Rasa Takut Jatuh Pada Lanjut Usia di PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin Kabupaten Padang Pariaman

Muthiah Tri, Zuhriani (2019) Hubungan Resiko Jatuh dengan Rasa Takut Jatuh Pada Lanjut Usia di PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img] Text
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jumlah kejadian jatuh pada lansia cukup tinggi, setidaknya 28%-35% orang yang berusia 60 tahun mengalami jatuh setiap tahun dan jumlah tersebut meningkat menjadi 32%-42% pada lansia berusia 70 tahun. Takut jatuh merupakan masalah kesehatan psikologis utama pada lansia, yang mana mempengaruhi aktivitas lansia dan menyebabkan perubahan maladaptif dalam kontrol keseimbangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan resiko jatuh dengan rasa takut jatuh pada lanjut usia di panti sosial tresna werdha sabai nan aluih sicincin kabupaten padang pariaman tahun 2019. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian ini dilakukan di panti sosial tresna werdha sabai nan aluih sicincin kabupaten padang pariaman pada bulan maret sampai juli 2019. Sampel pada penelitian ini adalah lansia yang berumur 60-80 tahun, berjumlah 110 orang dan diambil dengan tekhnik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala jatuh morse, dan skala rasa takut jatuh. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistic Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir separuh lansia memiliki rasa takut sedang (44,2%), dan separuh lansia beresiko jatuh rendah (52,3%). Hasil uji statistic didapatkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara resiko jatuh p value = 0,022, dengan rasa takut jatuh p value 0,022. Diharapkan adanya upaya promotif melalui penyuluhan mengenai rasa takut jatuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitra Yeni, S. Kp, MA
Uncontrolled Keywords: Resiko Jatuh, Rasa Takut, Lansia.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Oct 2019 16:37
Last Modified: 25 Oct 2019 16:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52775

Actions (login required)

View Item View Item