ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DENGAN PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN PEER MEDIATON DAN MEDIA VIDEO DAN KOMIK DALAM PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMPN 31 PADANG

Agustin, Venti (2019) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DENGAN PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN PEER MEDIATON DAN MEDIA VIDEO DAN KOMIK DALAM PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMPN 31 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Text (Cover & Abstrak))
abstrak.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Text (Pendahuluan))
BAB I.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Text (Kesimpulan & Saran))
BAB V.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Text (Daftar Pustaka))
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img] Text (Text (KIA Lengkap))
KIA full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Bullying merupakan fenomena yang tersebar di seluruh dunia. Prevalensi bullying diperkirakan 8% hingga 50% di beberapa negara Asia, Amerika, dan Eropa. Perilaku bullyinginisering dialamioleh anak-anak remaja disekolah. Tujuan dari karya ilmiah ini adalah untuk memberikan gambaran tentang efek dari pendidikan kesehatan menggunakan peer mediation dengan media video dan komik dalam pencegahan perilaku bullying terhadap tingkat pengetahuan dan sikap siswa SMPN 31 Padang. Dalam karya tulis ini intervensi dilakukan dengan menggunakan metode peer mediation dan metode take and give dengan media video dan komik. Intervensi dilakukan dari tanggal 12 Agustus – 6 September 2019 dan diberikan pada 18 orang siswa SMPN 31 Padang. Dari hasil pengkajian dan pengumpulan data didapatkan persentase pengetahuan siswa yang rendah adalah 33% dan 67% pengetahuan siswa cukup sedangkan untuk persentase sikap adalah 56% sikap netral dan 44% sikap positif. Setelah diberikan pendidikan kesehatan mengenai pencegahan perilaku bullying pada remaja dan dilakukan posttest persentase pengetahuan meningkat menjadi 67% untuk pengetahuan yang baik dan 33% pengetahuan yang cukup dan untuk sikap meningkat menjadi 100% positif, menunjukkan ada peningkatan pengetahuan dan sikap remaja terhadap pencegahan perilaku bullying. Diharapkan pada pihak sekolah, petugas kesehatan, agar dapat mengoptimalkan pelayanan kesehatan pada komunitas terutama dalam perilaku bullying agar dapat mencegah perilaku tersebut terhadap remaja. Kata kunci: Pencegahan, Perilaku Bullying, Metode Peer Mediation, Metode Take and Give

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: AGUS SRI BANOWO, S.Kp, MPH
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Oct 2019 11:57
Last Modified: 25 Oct 2019 11:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52539

Actions (login required)

View Item View Item