Asuhan Keperawatan Keluarga pada Lansia Ny. R dengan Demensia Melalui Penerapan Art Therapy dan Brain Gym di RW 03 Kelurahan Ujung Gurun Kecamatan Padang Barat tahun 2019

Qorry, Aulia Yudha (2019) Asuhan Keperawatan Keluarga pada Lansia Ny. R dengan Demensia Melalui Penerapan Art Therapy dan Brain Gym di RW 03 Kelurahan Ujung Gurun Kecamatan Padang Barat tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS SEPTEMBER 2019 Nama : Qorry Aulia Yudha No. BP : 1841312056 Asuhan Keperawatan Keluarga pada Ny. R dengan Demensia melalui Penerapan Art Therapy dan Brain Gym di RW 03 Kelurahan Ujung Gurun Kecamatan Padang Barat Kota Padang Tahun 2019 ABSTRAK Saat memasuki masa tua, seseorang akan mengalami kemunduran fisik salah satunya Intelectual Impairment. Intellectual impariment merupakan kumpulan gejala klinik seperti gangguan fungsi intelektual dan ingatan yang cukup berat dan dapat mengganggu aktivtias sehari-hari. Pada lansia kelolaan ditemukan peran serta fungsi perawatan kesehatan keluarga yan belum optimal dalam memberikan perawatan pada lansia dengan demensia. Sehingga diperlukannya pemberian asuhan keperawatan yang lebih lanjut. Masalah yang ditemukan yaitu demensia pada Ny. R di RW 03 Kelurahan Ujung Gurun Kecamatan Padang Barat. Art therapy dan Brain Gym merupakan dua terapi yang dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif pada lansia. Melalui pemberian art therapy lansia dapat mengungkapkan perasaan dan pengalaman yang dialami. Brain gym memberikan beberapa gerakan sederhana yang bertujuan untuk mengatasi gangguan memori. Tujuan karya ilmiah ini untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap demensia serta mampu menerapkan manajemen kasus pada lansia di komunitas. Karya ilmiah ini menggunakan metode studi kasus, dengan menggunakan proses pendekatan keperawatan. Waktu pelaksanaan dilakukan selama 2 mingu dengan hasil akhir yaitu terjadi perubahan pengetahuan lansia dan keluarga tentang perawatan demensia serta meningkatnya fungsi kognitif lansia dibuktikan dengan peningkatan hasil MMSE dari 18 menjadi 23. Diharapkan kepada petugas kesehatan untuk memberikan edukasi yang dapat memotivasi pasien dan keluarga dan meningkatkan kemampuan pasien dan keluarga dalam merawat pasien dengan demensia. Kata Kunci : Lansia, Demensia, Art Therapy, Brain gym Daftar Pustaka : 48 ( 2004-2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp. M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Oct 2019 14:34
Last Modified: 25 Oct 2019 14:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52486

Actions (login required)

View Item View Item