HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN DENGAN ULKUS DIABETIKUM DI RUMAH SAKIT TK.III Dr. REKSODIWIRYO PADANG

Rahimah, Febrialisa (2019) HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN DENGAN ULKUS DIABETIKUM DI RUMAH SAKIT TK.III Dr. REKSODIWIRYO PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak & Cover)
ABSTRAK&COVER.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pandahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pasien dengan ulkus diabetikum memiliki resiko lebih besar mengalami stres dibandingkan dengan individu tanpa ulkus. Perubahan dalam kehidupan pasien yang mengalami ulkus diabetikum merupakan salah satu pemicu stres. Stres sendiri merupakan salah satu faktor psikologis yang menyebabkan gangguan frekuensi pada tidur seseorang terganggu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan kualitas tidur pada pasien ulkus diabetikum. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu 45 pasien sesuai dengan kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan di Rumah Sakit Tk. III dr. Reksodiwiryo Padang dari tanggal 2 Juli – 15 Agustus 2019. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner kualitas tidur dan stres menggunakan Pittsburgh Sleep Quality (PSQI) dan Depression Anxiety Stress Scales (DASS42).Data diproses dan di analisa dengan menggunakan uji chi-square. Hasil menunjukan pasien dengan stres sedang mengalami kualitas tidur buruk (81,3%), stres ringan mengalami kualitas tidur buruk (30,0%) dan pasien yang memiliki tingkat stres normal mengalami kualitas tidur buruk (5,3%). Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara tingkat stres dengan kualitas tidur (p-value : 0,000). Berdasarkan hasil penelitian diharapkan responden dapat memperhatikan lebih ulkus diabetikum yang diderita dan dapat menghidari faktor penyebab terjadinya stres dan meminimalkan faktor tersebut untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Elvi Oktarina ,M.Kep.,Ns.Sp.Kep.MB
Uncontrolled Keywords: Ulkus diabetikum, Tingkat stres, Kualitas tidur
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Oct 2019 12:08
Last Modified: 25 Oct 2019 12:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52326

Actions (login required)

View Item View Item