HUBUNGAN PENGETAHUAN, DUKUNGAN SOSIAL, DAN PERAN TENAGA KESEHATAN TERHADAP KEPATUHAN IBU DALAM MENJALANKAN TERAPI DIET GLUTEN FREE CASEIN FREE (GFCF) PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTIS SE-KOTA PADANG TAHUN 2019

Yudit, Deasinta Anggraini (2019) HUBUNGAN PENGETAHUAN, DUKUNGAN SOSIAL, DAN PERAN TENAGA KESEHATAN TERHADAP KEPATUHAN IBU DALAM MENJALANKAN TERAPI DIET GLUTEN FREE CASEIN FREE (GFCF) PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTIS SE-KOTA PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII PENUTUP)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img] Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kandungan peptida pada gluten dan casein dapat meningkatkan hiperaktivitas dan memperburuk keadaan anak autis. Diet Gluten Free Casein Free (GFCF) pada anak autis dilakukan untuk memperbaiki gejala autisme dan mengoptimalkan perkembangan anak autis. Penerapan terapi diet GFCF sangat tergantung kepada kepatuhan seorang ibu. Adapun pengetahuan, dukungan sosial, dan peran tenaga kesehatan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kepatuhan ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, dukungan sosial, dan peran tenaga kesehatan terhadap kepatuhan ibu dalam menjalankan diet Gluten Free Casein Free (GFCF) pada anak autis di SLB Autis se-Kota Padang. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional study. Penelitian ini dilakukan kepada 124 ibu yang memiliki anak autis yang bersekolah di SLB Autis se-Kota Padang dengan pengambilan sampel secara simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan, kuesioner dukungan sosial, kuesioner peran tenaga kesehatan dan Food Frequency Quetionare (FFQ). Hasil penelitian menunjukkan 40,3% ibu memliki pengetahuan baik, 54,0% ibu mendapatkan dukungan sosial baik, 51,6% ibu mendapatkan peran tenaga kesehatan baik, dan 70,2% ibu tidak patuh dalam menjalankan terapi diet GFCF. Hasil uji statistik chi square didapatkan adanya hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan (p value = 0,016), tidak adanya hubungan antara dukungan sosial dengan kepatuhan (p value = 0,236), dan tidak terdapat hubungan antara peran tenaga kesehatan dengan kepatuhan (p value = 0,254). Diharapkan sekolah dan pelayanan kesehatan dapat memberikan edukasi makanan kepada ibu tentang jenis dan pengolahan makanan yang sesuai dengan terapi diet Gluten Free Casein Free (GFCF) pada anak autis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Deswita, S.Kp, M.Kep, Sp. Kep An
Uncontrolled Keywords: Autisme, Diet Gluten Free Casein Free (GFCF), Kepatuhan Ibu
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 24 Oct 2019 15:29
Last Modified: 24 Oct 2019 15:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51860

Actions (login required)

View Item View Item