HUBUNGAN SARAPAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWI KEBIDANAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

Risda, Hilyati Marza (2019) HUBUNGAN SARAPAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWI KEBIDANAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dan Tujuan Penelitian Konsentrasi adalah pemusatan pikiran pada suatu hal dengan cara menyampingkan hal lain yang tidak berhubungan. Kemampuan dalam konsentrasi di otak diatur oleh sistim limbik. Sumber utama energi yang dibutuhkan otak adalah glukosa. Sehingga nutrisi yang cukup saat sarapan dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah dan mampu memberikan energi bagi otak. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan sarapan dengan konsentrasi belajar pada mahasiswi kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Metode Penelitian ini menggunakan desain cross sectional, dilakukan di Kampus S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dari bulan September 2019. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswi kebidanan angkatan 2018 sebanyak 46 orang. Mahasiswi sebagai responden diwawancarai dengan menggunakan kuesioner food recall. Konsentrasi belajar menggunakan kuesioner digit symbol test dengan waktu pengisian 100 detik menggunakan stopwatch. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square (p<0,05). Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi belajar kurang lebih banyak terjadi pada responden dengan memiliki sarapan yang tidak baik (85,2%) dibandingkan dengan sarapan yang baik (21,1%). Hasil uji chi-square didapatkan nilai p antara konsentrasi belajar dengan sarapan 0,001 (p<0,05) dengan OR = 21,563 (95%CI = 4,665-99,675). Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara konsentrasi belajar dengan sarapan. Diharapkan mahasiswi agar lebih memperhatikan asupan nutrisi pada sarapan sehingga konsentrasi menjadi lebih baik. Daftar Pustaka : 60 (1982-2018) Kata Kunci : konsentrasi belajar, sarapan, digit symbol test dan mahasiswi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Hardisman, M.HID, Dr. PH
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 24 Oct 2019 16:04
Last Modified: 24 Oct 2019 16:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51849

Actions (login required)

View Item View Item