Wesnedi, Mayni (2025) Praktik Homeschooling Setara Sekolah Dasar oleh Orang Tua (Studi Terhadap Enam Keluarga di Kota Padang). S1 thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (221kB) |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (403kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Download (193kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (178kB) |
|
|
Text (Full Skripsi)
FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Homeschooling adalah pendidikan yang dilaksanakan secara terencana dalam keluarga di rumah maupun tempat-tempat lain. Homeschooling sering disebut juga sebagai sekolah rumah, home education dan home based learning. Di Indonesia homeschooling mulai berkembang tahun 2015 lalu yang telah dilaksanakan 11.000 Orang. Kota Padang telah ada yang melaksanakan homeschooling, ditengah banyaknya pendidikan formal. Jika pendidikan formal sudah terdapat aturan yang rinci namun dalam homeschooling belum ditemukan ketentuan yang lebih rinci terkait pelaksanaannya. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan praktik pendidikan homeschooling setara sekolah dasar oleh orang tua di Kota Padang. Dalam penelitian ini, perspektif yang digunakan adalah deschooling Society dari Ivan Illich. Dengan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Pengumpulan data penelitian digunakan dengan cara wawancara mendalam dan observasi. Pemilihan informan menggunakan teknik snowball dan purposive sampling. Homeschooling dalam penelitian ini adalah homeschooling tunggal/murni. Hasil penelitian menunjukkan pandangan orang tua terhadap sekolah formal tidak telepas dari pengalaman dan kekurangan sekolah formal yang dirasakan. Alasan memilih homeschooling beragam namun fokus pada pembentukan karakter dan pengembangan bakat dan minat anak. Pelaksanaan homeschooling dilakukan sesuai dengan tujuan keluarga masing-masing, sehingga penggunaan kurikulum dan jadwal pembelajaran serta hal lainnya juga menyesuaikan. Peran orang tua diantaranya, pengajar, fasilitator, pembiayaan, dan arah pendidikan pasca homeschooling. Semua hal itu memiliki pengaruh yang besar dalam mendukung lancarnya pendidikan yang dilaksanakan.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Supervisors: | Prof.Dr. Alfan Miko, M.Si |
| Uncontrolled Keywords: | Alasan;Deschooling Society;Homeschooling Tunggal;Peran |
| Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
| Depositing User: | S1 Sosiologi Sosiologi |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 04:32 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 04:32 |
| URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/515350 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric