Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Rote Padang Bakery di Kota Padang

Istiqa, Stevy (2025) Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Rote Padang Bakery di Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Industri roti salah satu yang mengalami perkembangan begitu pesat di Kota Padang adalah Usaha Rote Padang Bakery. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen serta menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap Rote Padang Bakery. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik pusposive sampling kepada 67 responden yang sesuai kriteria berusia 17 tahun dan yang sudah pernah mencoba produk Rote Padang Bakery minimal dua kali pembelian. Metode analisis yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian karakteristik konsumen secara demografis menunjukkan bahwa konsumen didominasi oleh perempuan, berada rentang usia antara 36-50, dengan mayoritas pekerjaan PNS dan karyawan BUMN, pendidikan terakhir sarjana, memiliki pendapatan lebih dari 5 juta perbulan. Tingkat kepuasan berdasarkan analisis CSI berada pada kategori sangat puas dengan nilai sebesar 85,2%, sedangkan analisis IPA menunjukknan bahwa atribut yang perlu ditingkatkan adalah kemasan produk, penetapan harga, ketersediaan akses parkir. Pada kemasan disarankan untuk mengurus sertifikasi halal, dan mencantumkan label pada kemasan. Untuk penetapan harga diterapkan dengan varian produk menjadi kategori roti reguler dan premium. Selain itu, pada akses parkir perlu menata ulang kembali parkir dan memperbanyak kerjasama dengan platform Grab dan Gofood.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Nur Afni Evalia, S.P., M.M; Cipta Budiman.S.Si., M.M
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Konsumen, Kepuasan Konsumen, Rote Padang Bakery, IPA, CSI
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: S1 Agribisnis Agribisnis
Date Deposited: 06 Nov 2025 07:39
Last Modified: 06 Nov 2025 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/515148

Actions (login required)

View Item View Item