TIKTOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI POLITIK DI KALANGAN GENERASI Z PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2024 KOTA PADANG

Yoana, Lestonac Elita Wumbu (2025) TIKTOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI POLITIK DI KALANGAN GENERASI Z PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2024 KOTA PADANG. S2 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (660kB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Thesis Full Text)
TUGAS AKHIR FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena meningkatnya penggunaan TikTok sebagai ruang komunikasi politik di kalangan Generasi Z pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Kota Padang. TikTok tidak hanya menjadi media hiburan, tetapi juga berkembang sebagai arena pertukaran pesan politik yang interaktif. Untuk memahami fenomena tersebut, penelitian ini menggunakan teori komunikasi politik dan teori interaktivitas sebagai landasan konseptual. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Data diperoleh melalui wawancara naratif terhadap 50 narasumber Generasi Z di Kota Padang yang aktif menggunakan TikTok selama masa kampanye Pilpres 2024, dengan teknik purposive dan accidental sampling, serta triangulasi pakar dengan seorang ahli komunikasi politik. Analisis juga dilengkapi dengan pengamatan terhadap 10 akun TikTok populer di kalangan Gen Z Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan TikTok oleh Generasi Z mencerminkan fungsi media sosial dalam komunikasi politik, yaitu sebagai saluran penyebaran pesan politik, ruang diskusi publik, dan sarana pembentukan opini. Interaktivitas terwujud melalui fitur komentar, live, duet, dan stitch, yang mencerminkan keterlibatan teknis, kognitif, dan sosial. Partisipasi politik Generasi Z bersifat ekspresif, berbasis isu, serta dipengaruhi oleh identitas dan pengalaman individu. Penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan literasi digital dan politik bagi Generasi Z di Kota Padang untuk memperkuat peran mereka dalam demokrasi digital. Kata Kunci: TikTok, komunikasi politik, Generasi Z, interaktivitas, Pemilihan Presiden 2024, Kota Padang.

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: Dr. Indah Adi Putri,M.IP Dr. Doni Hendrik,.M.Soc.sc
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: TikTok, komunikasi politik, Generasi Z, interaktivitas, Pemilihan Presiden 2024, Kota Padang.
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S2 Ilmu Politik
Depositing User: S2 Ilmu Politik
Date Deposited: 31 Oct 2025 04:34
Last Modified: 31 Oct 2025 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/513595

Actions (login required)

View Item View Item