Ziyadatturrahmah, Isna (2025) Fenomena Belanja Online pada Masyarakat Pedesaan (Studi Kasus Ibu-Ibu Pedagang di Nagari Tiumang, Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya). S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version Download (497kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (510kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (204kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version Download (326kB) |
![]() |
Text (Skripsi full text)
SKRIPSI_ISNA ZIYDATTURRAHMAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Belanja online merupakan cara baru yang mulai diadaptasi oleh masyarakat, termasuk ibu-ibu pedagang di wilayah pedesaan yang mulai memanfaatkan platform online untuk memenuhi kebutuhan dagangannya. Fenomena ini menggambarkan adanya pergeseran dari cara belanja konvensional ke sistem daring menunjukkan adanya perubahan signifikan dalam pola usaha mereka. Ibu-ibu pedagang tidak lagi sepenuhnya bergantung pada toko grosir, tetapi mulai aktif mencari, memilih, dan membeli barang melalui platform online seperti facebook dan shopee. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana pemahaman ibu-ibu pedagang terhadap barang yang dibeli dan mendeskripsikan alasan ibu-ibu pedagang memilih berbelanja online untuk kebutuhan dagangan nya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dimana peneliti melakukan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi kasus dengan menggunakan pendekatan teori struktural fungsional. Hasil penelitian ini adalah pemahaman ibu-ibu pedagang terhadap barang yang di beli mencakup pemahaman terhadap produk meliputi kegunaan, model, dan ukuran barang yang akan dibeli. Pemahaman terhadap harga berkaitan dengan kemampuan ibu-ibu pedagang dalam membandingkan harga di berbagai toko online untuk mendapatkan keuntungan yang optimal. Sementara itu, pemahaman terhadap konsumen mencerminkan bagaimana mereka menyesuaikan pilihan produk dengan kebutuhan konsumen. Adapun alasan ibu-ibu pedagang menggunakan platform online yaitu kemudahan akses dan transportasi, adanya promo dan diskon, serta ketersediaan barang yang luas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Ermayanti, M. Si; Prof. Dr. Zainal Arifin, M. Hum |
Uncontrolled Keywords: | Belanja Online; Ibu-Ibu Pedagang; Kualitatif |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Antropologi Sosial |
Depositing User: | S1 Antropologi Sosial |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 03:32 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 03:32 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/512739 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |