Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Kerupuk Bawang Pada Usaha Kerupuk Azizah Di Kota Padang

Lathifa, Annisa Audrey (2025) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Kerupuk Bawang Pada Usaha Kerupuk Azizah Di Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan Dan Saran)
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kota Padang dikenal dengan berbagai produk olahan makanan ringan, salah satunya adalah kerupuk bawang. Usaha Kerupuk Azizah merupakan salah satu Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang memproduksi kerupuk bawang dengan tiga varian rasa, yaitu original, pedas, dan kedelai. Dalam beberapa tahun terakhir, penjualan produk mengalami penurunan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut-atribut produk kerupuk bawang dan mengetahui atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian pada Usaha Kerupuk Azizah di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis konjoin menggunakan pendekatan full profile. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 90 orang yang dipilih menggunakan metode accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi atribut produk yang paling disukai konsumen adalah rasa pedas, warna pekat, tekstur renyah, ketebalan tipis, ukuran kemasan besar (500 gram), dan bahan kemasan berupa pouch plastik. Atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih kerupuk bawang secara berurutan adalah tekstur, jenis, bahan kemasan, warna, ketebalan, dan ukuran kemasan. Berdasarkan hasil analisis nilai Pearson’s R dan Kendall’s Tau yang masing-masing menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara hasil estimasi dengan hasil aktual dalam preferensi konsumen terhadap produk kerupuk bawang pada Usaha Kerupuk Azizah di Kota Padang.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Prof. Ir. Rudi Febriamansyah, M.Sc., Ph.D.; Lora Triana, S.P., M.M.
Uncontrolled Keywords: Analisis Konjoin, Atribut, Kerupuk Bawang, Preferensi Konsumen
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 02 Sep 2025 09:47
Last Modified: 02 Sep 2025 09:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/510112

Actions (login required)

View Item View Item