Syaravina, Siti Awal (2025) STRUKTUR BAHASA ANAK KETERLAMBATAN BERBICARA (SPEECH DELAY) PASCATERAPI: STUDI KASUS CACA. S2 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Siti Awal Syaravina 2420721002.pdf - Published Version Download (111kB) |
![]() |
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I (Pendahuluan) Siti Awal Syaravina 2420721002.pdf - Published Version Download (237kB) |
![]() |
Text (Bab Akhir)
Bab akhir (penutup) Siti Awal syaravina 2420721002.pdf - Published Version Download (55kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Siti Awal Syaravina 2420721002.pdf - Published Version Download (178kB) |
![]() |
Text (Tesis full text)
FULL TESIS SITI AWAL SYARAVINA (2420721002).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Siti Awal Syaravina. 2420721002. Struktur Bahasa Anak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pascaterapi: Studi Kasus Caca. Tesis. Program Studi Magister Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, 2025. Pembimbing I. Prof. Dr. Ike Revita, M. Hum. Pembimbing II. Dr. Aslinda, M.Hum. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini ialah (1) bagaimana tingkat penguasaan tataran lingual dan (2) bagaimana struktur sintaksis anak speech delay pascaterapi studi kasus Caca? Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penguasaan tataran lingual dan (2) mengidentifikasi struktur sintaksis anak speech delay pascaterapi studi kasus Caca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tiga tahapan penelitian, yaitu tahap pengumpulan data, tahap analisis data dan tahap penyajian hasil analisis data. Pada tahap pengumpulan data, dilakukan wawancara langsung dengan metode simak dan cakap. Teknik yang digunakan adalah teknik pancing dengan pendekatan emosional dan psikologi, sadap, rekam dan catat. Pada tahap analisis data, data dikelompokkan ke dalam tataran lingual kata, frasa, klausa dan kalimat. Oleh karena itu, digunakan padan translasional untuk mentransliterasikan tuturan Caca ke dalam bahasa Indonesia. Pada tahap penyajian hasil analisis data, digunakan metode penyajian formal dan informal. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan terhadap struktur bahasa anak keterlambatan berbicara (speech delay) pascaterapi pada Caca, diperoleh (1) tingkat penguasaan tataran lingual kata, frasa, klausa dan kalimat Caca berkembang cukup baik. Pada tataran lingual kata, Caca menunjukkan tingkat produktivitas tertinggi pada kategori kata nomina, verba dan adjektiva sebaliknya kurang menguasai pada kategori fatis dan konjungsi. Penguasaan pada tataran frasa didominasi oleh kategori frasa nominal, sebaliknya kurang menguasai pada kategori frasa demonstrativa koordinatif. Penguasaan pada tataran klausa didominasi oleh klausa verbal. Penguasaan pada tataran kalimat didominasi oleh kalimat tunggal kemudian diikuti oleh kalimat bersusun dan kalimat majemuk, (2) Struktur sintaksis yang dihasilkan Caca dapat dilihat dari segi aspek kategori sintaksis, fungsi sintaksis dan peran semantis. Berdasarkan kategori sintaksis, Caca mampu menguasai berbagai kategori kata dan menunjukkan adanya keterbatasan morfosintaksis seperti afiksasi. Berdasarkan fungsi sintaksis pola kalimat didominasi oleh struktur subjek-predikat (SP). Berdasarkan peran semantis, Caca menunjukkan dominasi kemampuan dalam menyusun relasi antara pelaku (agent), tindakan (aksi), pokok dan sasaran secara sederhana. Kata Kunci: speech delay, lingual, struktur sintaksis
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Ike Revita, M. Hum; Dr. Aslinda, M. Hum. |
Uncontrolled Keywords: | speech delay; lingual; struktur sintaksis |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures P Language and Literature > PZ Childrens literature |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S2 Linguistik |
Depositing User: | s2 ilmu linguistik |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 04:20 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 04:20 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/509429 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |