Suci, Rahmadhani (2025) Pembangunan Sistem Informasi Pengelolaan Layanan Komunikasi Informasi Edukasi Balai Besar POM di Padang Dengan Fitur Evaluasi Menggunakan Pre-test dan Post-test. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text
cover-abstrak.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text (Bab VI - Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version Download (194kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (207kB) |
![]() |
Text (Tugas Akhir Full Text)
Laporan TA suci.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
Balai Besar POM di Padang sebagai Unit Pelaksana Tugas Badan Pengawas Obat dan Makanan melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) dalam menjalankan salah satu fungsi pengawasannya. Proses permintaan KIE dari masyarakat ini menghadapi kendala dalam pendaftaran dan konfirmasi kegiatan layanan KIE yang membutuhkan waktu berhari-hari. Topik yang dibahas dalam kegiatan ini juga cenderung kaku dan kurang bervariasi. Selain itu, penyampaian informasi dan edukasi dilakukan dengan metode ceramah yang mana metode ini tidak dapat mengukur keberhasilan dari kegiatan penyampaian informasi dan edukasi serta tidak bertahan lama dalam ingatan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka salah satu solusi untuk mengatasinya dengan membangun sistem informasi pengelolaan layanan permintaan KIE Balai Besar POM di Padang dengan fitur evaluasi menggunakan pre-test dan post-test. Sistem informasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel dan database PostgreSQL. Adapun metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode waterfall yang menggunakan pendekatan sistematis. Tahapan metode waterfall yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari analisis sistem, perancangan sistem, implementasi sistem dan pengujian sistem. Metode yang digunakan dalam pengujian sistem ini adalah metode black box dan user acceptance test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi pengelolaan layanan permintaan KIE dengan fitur evaluasi menggunakan pre-test dan post-test berhasil mengatasi masalah yang telah dijabarkan. Sistem yang dibangun dapat membantu proses pendaftaran dan konfirmasi permintaan layanan KIE menjadi lebih cepat dengan topik tersedia yang bervariasi, dan mengukur keberhasilan layanan permintaan KIE dengan menggunakan pre-test dan post-test serta penyediaan modul sebagai media pembelajaran ulang bagi peserta kegiatan layanan KIE.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Rahmatika Pratama Santi, M.T |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | s1 sistem informasi |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 15:26 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 15:49 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/506028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |