Pengaruh Swedish Abdominal Massage Terhadap Skor Konstipasi Pada Pasien Stroke Di Wilayah Kota Padang Dengan data Berbasis RS Islam Siti Rahmah Padang

Maria, Valentina Sibarani (2019) Pengaruh Swedish Abdominal Massage Terhadap Skor Konstipasi Pada Pasien Stroke Di Wilayah Kota Padang Dengan data Berbasis RS Islam Siti Rahmah Padang. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Judul dan abstrak)
HALAMAN JUDUL DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1: Pendahuluan)
BAB 1, PENDAHULUAN.docx.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7: Kesimpulan dan saran)
BAB 7, KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA,.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Konstipasi merupakan masalah yang sering dialami oleh pasien stroke. Tindakan mandiri perawat yang bisa dilakukan adalah Swedish abdominal massage.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Swedish abdominal massage terhadap skor konstipasi pada pasien stroke. Penelitian ini merupakan quasy experiment dengan time series. Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling dan penentuan kelompok intervensi dan kontrol dengan randomisasi alokasi subjek sederhana. Sampel penelitian berjumlah 54 responden, terdiri dari 27 responden kelompok intervensi dan 27 responden kelompok kontrol. Swedish abdominal massage dilakukan 4 minggu, setiap minggu dilakukan 5 kali dan pengukuran skor konstipasi dilakukan diawal minggu sebelum intervensi. Hasil penelitian menunjukkan penurunan rata-rata pada kelompok intervensi yaitu 0,000 (α < 0,05). Hasil analisa multivariat ada pengaruh asupan serat dan cairan dari responden terhadap konstipasi yang diderita ditunjukkan dengan minggu I p value 0,002, , minggu II : 0,000, minggu III: 0,000 dan minggu IV: 0,002. Kesimpulan secara signifikan Swedish abdominal massage dapat menurunkan skor konstipasi pada pasien stroke. Kata Kunci: Swedish Abdominal Massage, Stroke, Konstipasi Daftar Pustaka : 70 (1998-2018)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Rahmi Ulfah
Uncontrolled Keywords: Swedish Abdominal Massage, Stroke, Konstipasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 21 Oct 2019 14:35
Last Modified: 21 Oct 2019 14:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50311

Actions (login required)

View Item View Item