PENGARUH KEBIASAAN MENYIKAT GIGI SEBELUM TIDUR MALAM HARI TERHADAP STATUS GINGIVA PADA SISWA SDN 08 PARAK GADANG BARAT KELAS IV DAN V

Amani, Nabila Fitri (2019) PENGARUH KEBIASAAN MENYIKAT GIGI SEBELUM TIDUR MALAM HARI TERHADAP STATUS GINGIVA PADA SISWA SDN 08 PARAK GADANG BARAT KELAS IV DAN V. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
abstrak.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL(watermark).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang: Rendahnya kesadaran masyarakat menyebabkan adanya dampak buruk terhadap kesehatan gigi dan mulut terutama pada anak-anak. Dampak buruk yang dapat terjadi adalah gingivitis. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya gingivitis adalah plak. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengetahui apakah adanya pengaruh kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur malam hari terhadap status gingiva. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur malam hari terhadap status gingiva pada siswa kelas IV dan V, SDN 08 Parak Gadang Barat, Padang, Prov. Sumatera Barat. Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah Analytic dengan desain penelitian Cross Sectional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 34 anak. Metode pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara dan pemeriksaan status gingiva dengan menggunakan Gingiva Indeks menurut Loe and Silness. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan 55,9% responden mengalami gingivitis ringan dan 52,9% responden memiliki kebiasaan tidak teratur menyikat gigi malam sebelum tidur. Kemudian berdasarkan hasil analisis bivariat secara Chi-Square, didapatkan pengaruh antara kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur malam hari dengan status gingiva (p<0,05). Kesimpulan: Kebiasaan menyikat gigi malam sebelum tidur memengaruhi status gingiva.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Hidayati, MKM
Uncontrolled Keywords: Gingivitis, sikat gigi, status gingiva.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 23 Oct 2019 14:59
Last Modified: 23 Oct 2019 14:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50290

Actions (login required)

View Item View Item