Pengaruh Manajemen Waktu dan Motivasi Belajar terhadap Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA Negeri 9 Padang Tahun 2024

Nurdiana, Nurdiana (2025) Pengaruh Manajemen Waktu dan Motivasi Belajar terhadap Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA Negeri 9 Padang Tahun 2024. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
(cover dan abstrak) skripsi full nurdiana.pdf - Published Version

Download (653kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
(BAB I Pendahuluan) Skripsi Full nurdiana.pdf - Published Version

Download (706kB)
[img] Text (BAB VII Kesimpulan dan Saran)
(BAB VII Kesimpulan&saran) Skripsi Full nurdiana.pdf - Published Version

Download (675kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
(Daftar Pustaka) Skripsi Full nurdiana.pdf - Published Version

Download (576kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full nurdiana (watermark) fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku menunda-nunda yang masih banyak dilakukan oleh siswa menengah yang berdampak negatif terhadap prestasi akademik siswa. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu manajemen waktu dan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu dan motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri 9 Padang. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan Cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan jumlah sampel 270 siswa kelas X dan XI. Manajemen waktu menggunakan instrumen Academic Procrastination Scale (APS), motivasi belajar menggunakan instrumen Time Management Questionnaire (TMQ) Scale, dan prokrastinasi akademik menggunakan instrumen Academic Motivation Scale (AMS). Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar 68,9% responden memiliki tingkat manajemen waktu sedang, sebagian besar 72,6% memiliki tingkat motivasi belajar tinggi dan hampir seluruhnya 80,4% memiliki tingkat prokrastinasi akademik sedang. Analisa menggunakan uji regresi linear berganda (p < 0,05) hasil uji statistik didapatkan bahwa adanya pengaruh manajemen waktu dan motivasi belajar secara simultan terhadap prokrastinasi pada siswa (p = 0,000) sebesar 17,9%. Didapatkan bahwa semakin tinggi manajemen waktu dan motivasi belajar, maka semakin rendah tingkat prokrastinasi akademik siswa. Diharapkan siswa dapat meningkatkan manajemen waktu dan motivasi belajar dengan cara membuat jadwal harian, mengikuti program pelatihan manajemen waktu dan motivasi belajar, melakukan pembelajaran yang variatif.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Ns. Feri Fernandes, M.Kep., Sp.Kep.J
Uncontrolled Keywords: Manajemen Waktu, Motivasi Belajar, Prokrastinasi Akademik
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:27
Last Modified: 19 Aug 2025 02:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/500441

Actions (login required)

View Item View Item