HUBUNGAN ANTARA POSTUR TUBUH SAAT PERAWATAN GIGI DENGAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS PADA DOKTER GIGI DI PUSKESMAS KOTA PADANG

Rahmatul, Sakinah (2019) HUBUNGAN ANTARA POSTUR TUBUH SAAT PERAWATAN GIGI DENGAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS PADA DOKTER GIGI DI PUSKESMAS KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK-dikonversi.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
TEXT BAB I.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
TEXT PENUTUP.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar Belakang : Pekerjaan yang statis dengan postur kerja yang salah serta dalam waktu yang lama di dunia kedokteran gigi dapat mengakibatkan musculoskeletal disorders. Faktor risiko untuk MSDs ini diantaranya ada postur, gerakan yang berulang, getaran, faktor individu, serta lingkungan kerja. Untuk menghindari MSDs tersebut maka menjadi suatu kewajiban bagi praktisi untuk bekerja ergonomis. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan antara postur tubuh saat perawatan gigi dengan keluhan Musculoskeletal Disorders pada dokter gigi di Puskesmas Kota Padang Metode Penelitian : Jenis pelitian ini adalah penelitian analitik dengan desain cross sectional. Jumlah sampel 40 dokter gigi yang bekerja di Puskesmas Kota Padang. Teknik pengambilan sample dengan probability sampling dengan cara random sampling. Hasil : Hasil uji statistik menunjukkan tidak terdapat hubungan yang bermakna postur tubuh saat perawatan gigi dengan keluhan Musculoskeletal Disorders pada dokter gigi di Puskesmas Kota Padang dengan nilai p=0,511 (p > 0,005). Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara postur tubuh saat perawatan gigi dengan keluhan Musculoskeletal Disorders pada dokter gigi di Puskesmas Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagian postur tubuh yang paling janggal yaitu lengan atas dengan rata – rata skor REBA 2,42 yang menandakan bahwa sudut yang terbentuk lebih dari 50o. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa 87,5% dokter gigi di Puskesmas Kota Padang memliki keluhan MSDs. Bagian tubuh yang sering dikeluhkan berdasarkan hasil penelitian yaitu pinggang bagian atas (47,5%), bahu kanan dan kiri (37,5%) serta punggung dan lengan atas kanan (27,5%). Kata Kunci : Musculoskeletal disorders (MSDs), Faktor risiko, Dokter gigi, Postur tubuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Murniwati, MPPM
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 17 Oct 2019 15:15
Last Modified: 17 Oct 2019 15:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50001

Actions (login required)

View Item View Item