PERANCANGAN ULANG KEMASAN SELAI DUA SAUDARA UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK KONSUMEN

Malfirah, Murdiganisha (2025) PERANCANGAN ULANG KEMASAN SELAI DUA SAUDARA UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK KONSUMEN. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (Bab Penutup)
Bab Penutup.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan produk sangat penting dilakukan untuk menghadapi persaingan. Aspek yang perlu diperhatikan dalam pengembangan produk salah satunya yaitu kemasan. Industri Kecil Menengah (IKM) Selai Dua Saudara merupakan IKM yang memerlukan inovasi dalam kemasannya. Kemasan yang digunakan IKM selai Dua Saudara sangat sederhana dan kurang menarik karena hanya menggunakan plastik bening. Kemasan selai Dua Saudara belum pernah dilakukan pengembangan sejak awal didirikan, sehingga untuk dapat bersaing perlu dilakukan pengembangan kemasan agar dapat meningkatkan daya tarik konsumen dalam membeli produk selai Dua Saudara di pasar. Perancangan kemasan selai Dua Saudara dilakukan pada selai rasa pandan. Metode yang digunakan untuk merancang kemasan yaitu Kansei Engineering. Kansei Engineering adalah sebuah metode yang mengubah perasaan manusia ke dalam spesifikasi desain berupa kata-kata. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh 17 kata Kansei memengaruhi lima faktor yaitu faktor menarik dan informatif, praktis, unik, bisa digunakan kembali, dan desain sederhana. Rancangan kemasan yang dihasilkan terdiri dari dua alternatif dengan masing masing alternatif terdapat tiga alternatif logo desain. Hasil evaluasi terhadap rancangan kemasan selai Dua Saudara menghasilkan rancangan kemasan selai Dua Saudara terpilih yaitu kemasan bentuk botol oval yang dilengkapi dengan informasi produk serta atribut kemasan yang dapat menggambarkan produk dalam kemasan tersebut yaitu selai rasa pandan. Kata Kunci: Kansei Engineering, Selai, Kemasan, desain, botol

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: HILMA RAIMONA ZADRY, S.T.,M.Eng.,Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kansei Engineering; Selai; Kemasan; desain; botol
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 20 Jun 2025 07:45
Last Modified: 20 Jun 2025 07:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/499693

Actions (login required)

View Item View Item