Rifki, Muchni (2025) Evaluasi Kinerja Jaringan Jalan di Wilayah Kabupaten Solok Menggunakan Analisis IPJ (Indeks Prasarana Jalan) dan SPM (Standar Pelayanan Minimal). S2 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version Download (495kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (702kB) |
![]() |
Text (BAB V Penutup)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (248kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (502kB) |
![]() |
Text (Thesis Full Text)
TESIS FULL TEXT (WATERMARK) ok.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Jaringan jalan merupakan infrastruktur penting yang menunjang mobilitas dan kegiatan ekonomi suatu wilayah. Di Kabupaten Solok, berbagai permasalahan terkait kualitas dan pemerataan pelayanan jaringan jalan masih menjadi tantangan utama, terutama karena belum adanya evaluasi kinerja jalan yang mempertimbangkan efisiensi, efektivitas, serta dampak bencana alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja jaringan jalan Kabupaten Solok dengan menggunakan metode Indeks Prasarana Jalan (IPJ) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Analisis ini mempertimbangkan aspek efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan jaringan jalan serta mengidentifikasi hubungan antara IPJ dengan kebijakan penganggaran bidang infrastruktur jalan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner dan wawancara kepada pemangku kepentingan di bidang infrastruktur jalan, serta data sekunder dari instansi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi jaringan jalan Kabupaten Solok masih perlu ditingkatkan agar dapat memenuhi standar pelayanan yang optimal. Nilai IPJ tahun 2023 yang diperoleh 7.926 termasuk klasifikasi Tinggi, ini menggambarkan bahwa infrastruktur jalan di daerah ini belum sepenuhnya memadai dalam mengakomodasi pertumbuhan ekonomi dan mobilitas penduduk. Sementara itu, analisis SPM menunjukkan adanya ketimpangan dalam aksesibilitas, mobilitas, dan keselamatan jalan. Kajian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam merancang kebijakan infrastruktur yang lebih efektif dan efisien untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Solok.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S2 Teknik Sipil |
Depositing User: | s2 teknik sipil |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 02:50 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 02:50 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/498505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |