Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kesepian pada Lansia di Posyandu Lansia Kelurahan Ganting Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2019

Dina, Tul Mardiyah (2019) Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kesepian pada Lansia di Posyandu Lansia Kelurahan Ganting Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img] Text (Full Skripsi Dina Tul Mardiyah)
FULL SKRIPSI DINA TUL MARDIYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lansia pada umumnya mengalami proses degeneratif atau penurunan fungsi tubuh baik secara fisik, psikologis, psikososial dan spiritual. Psikologis merupakan faktor dominan untuk mengontrol semua kejadian yang dialami lansia. Kesepian merupakan masalah psikologis yang paling banyak terjadi pada lansia seperti perasaan terasing, merasa tidak diperhatikan dan tidak ada seseorang tempat berbagi kehidupan. Kesepian dapat menyebabkan depresi, kecemasan dan beresiko melakukan bunuh diri pada lansia. Sehingga dibutuhkan dukungan dari anggota keluarga sebagai orang yang paling dekat dengan lansia.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kesepian pada lansia di Posyandu Lansia Kelurahan Ganting. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total samping. Jumlah responden sebanyak 48 orang lansia yang mengikuti Posyandu Lansia di Kelurahan Ganting. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2019 sampai bulan Agustus 2019. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner FSS (Family Support Scale) untuk mengukur dukungan keluarga dan UCLA Loneliness Scale untuk mengukur kesepian lansia dengan cara wawancara terpimpin. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari separuh 66,7% responden memiliki dukungan keluarga yang baik dan 60,4% responden tidak mengalami kesepian. Hasil uji Chi-Square didapatkan adanya hubungan dukungan keluarga dengan kesepian pada lansia dengan nilai persen Chi-Square < 0,005 yaitu (P-value=0,000). Keluarga diharapkan untuk lebih memperhatikan lansia dan memberikan dukungan kepada lansia sehingga dapat menurunkan kejadian kesepian pada lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, Kesepian, Lansia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Oct 2019 11:38
Last Modified: 09 Oct 2019 11:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49795

Actions (login required)

View Item View Item