Qofifah, Nurul Khaira (2025) Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja Di SMPN 1 X Koto. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version Download (268kB) |
![]() |
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version Download (258kB) |
![]() |
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII penutup.pdf - Published Version Download (182kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (260kB) |
![]() |
Text (Skripsi full text)
SKRIPSI Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku bullying merupakan masalah serius dalam lingkungan sekolah dan meningkat dari tahun ke tahun. Faktor yang memengaruhi perilaku bullying adalah pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional dengan perilaku bullying pada remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi SMPN 1 X Koto, dengan sampel sebanyak 148 responden dengan menggunakan metode propotional simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Adolesscent Peer Relations Instrumen (APRI) untuk bullying, kusioner Parenting Style and Dimension Questionnaire (PSDQ) untuk pola asuh, dan kuesioner The Schutte Self Report Emotional Intelligence Test (SSEIT) untuk kecerdasan emosional. Uji yang digunakan pada penelitian adalah uji chi square. Berdasarkan analisis univariat didapatkan lebih dari setengahnya (51,4%) responden menerima pola asuh demokratis, lebih dari setengahnya (52,0%) memiliki tingkat kecerdasan emosional tinggi, dan kurang dari setengahnya (43,9%) menjadi pelaku bullying. Berdasarkan analisis bivariat, ditemukan adanya hubungan signifikan antara pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional dengan perilaku bullying dengan nilai p value < 0,001. Disarankan agar orang tua menerapkan pola asuh demokratis yang mendorong komunikasi terbuka dan pengasuhan yang seimbang antara kasih sayang dan kontrol. Selain itu, pihak sekolah dapat memberikan edukasi tentang bullying agar siswa dapat terhindar dari perilaku bullying
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ns. Dewi Eka Putri, M. Kep., Sp. Kep. J |
Uncontrolled Keywords: | Pola asuh, kecerdasan emosional, perilaku bullying, remaja, jiwa |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Program S1 Keperawatan |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 03:41 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 03:41 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/497446 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |