Perbedaan Efektivitas Edukasi Menyikat Gigi dengan Alat Bantu Video Animasi dan Boneka Peraga Gigi terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa di SDN 03 Bandar Buat Kota Padang

Insani, Griya Dian (2025) Perbedaan Efektivitas Edukasi Menyikat Gigi dengan Alat Bantu Video Animasi dan Boneka Peraga Gigi terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa di SDN 03 Bandar Buat Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover-abstrak.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
FULL E-SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Masalah kesehatan gigi dan mulut masih menjadi isu yang signifikan, terutama pada anak usia sekolah dasar. Tingginya prevalensi karies di Indonesia, termasuk di SDN 03 Bandar Buat Kota Padang, menunjukkan rendahnya kesadaran dan pengetahuan anak mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi. Edukasi kesehatan gigi melalui media yang menarik dan efektif sangat diperlukan. Media seperti video animasi dan boneka peraga menjadi alternatif yang dapat meningkatkan pemahaman anak dalam menyikat gigi dengan benar. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas edukasi menyikat gigi dengan alat bantu video animasi dan boneka peraga gigi terhadap peningkatan pengetahuan siswa SDN 03 Bandar Buat Kota Padang. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian two group pretest dan posttest design. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian kuesioner dengan 9 pertanyaan multiple choice kepada responden. Analisa data dilakukan menggunakan SPSS dengan uji Mann Whitney. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan rata-rata skor pengetahuan siswa sebelum dan sesudah edukasi dengan selisih media video animasi 1.89±1.10 dan boneka peraga gigi 2.64±1.45 dan selisih tertinggi terdapat pada edukasi menggunakan alat bantu boneka peraga gigi. Kesimpulan: Terdapat perbedaan efektivitas edukasi menyikat gigi dengan alat bantu video animasi dan boneka peraga gigi terhadap peningkatan pengetahuan siswa di SDN 03 Bandar Buat Kota Padang.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: drg. Arymbi Pujiastuty, M. Kes; drg. Nelvi Yohana, Sp. Ort
Uncontrolled Keywords: video; boneka; pengetahuan
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > S1 Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 16 Jun 2025 10:11
Last Modified: 16 Jun 2025 10:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/497084

Actions (login required)

View Item View Item