Analisis Komunikasi Persuasif Gubernur Sumatera Selatan dalam Mewujudkan Kepentingan Daerah (Studi Kasus Terpilihnya Palembang sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018)

Zeno, Zasman (2019) Analisis Komunikasi Persuasif Gubernur Sumatera Selatan dalam Mewujudkan Kepentingan Daerah (Studi Kasus Terpilihnya Palembang sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK PENELITIAN)
ABSTRAK ZENO.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I ZENO.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB VI ZENO.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA ZENO.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img] Text (TESIS UTUH)
TESIS UTUH ZENO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi pengemasan pesan Gubernur Sumsel kepada khalayak sasarannya, yaitu Ketua KOI, Menpora dan Presiden OCA dalam upaya mewujudkan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Penelitian melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dianalisis dengan menggunakan Teori Stimulus Organisme Respon yang dikombinasikan dengan Model Persuasif Cronkhite dan Instrumental Model of Persuasion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gubernur Sumsel melakukan pengemasan pesan melalui teknik komunikasi persuasif. Terkandung komponen ajakan, klaim dan penyajian data dalam pesan. Pesan tersebut diolah dengan terlebih dahulu mengenali konsep motivasi khalayak yang kemudian dihubungkan dengan konsep tujuan dari Gubernur Sumsel. Untuk mendatangkan perhatian, Gubernur Sumsel memanfaatkan kekuasaan normatifnya sebagai kredibilitas sumber. Struktur pesan disampaikan dengan hanya mengedepankan hal-hal positif (one side message), melalui penyajian yang bersifat klimaks (climax order) dan dikemukakan secara eksplisit. Kemudian strategi pesan menggunakan 11 taktik komunikasi persuasif yang dikelompokkan kedalam 4 taktik, yaitu menunjukkan penghargaan (rewarding), menakut-nakuti (punishing), menunjukkan keahlian (expertise) dan komitmen personal. Kata kunci : komunikasi persuasif, pengemasan pesan, strategi pesan, pemerintah daerah, Palembang, Sumatera Selatan, Gubernur Sumatera Selatan, Asian Games.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: PROF. DR. RER.SOZ. NURSYIRWAN EFFENDI
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Sep 2019 16:22
Last Modified: 23 Sep 2019 16:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49591

Actions (login required)

View Item View Item