Novergy, Adlu Akbar Sathia (2025) Personal Branding Lifestyle Influencer TikTok @raniaayamin dalam Memasarkan Tren Mode Berkain dan Berkebaya di Kalangan Generasi Z. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (404kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI BAB 1)
SKRIPSI ADLU_BAB 1.pdf - Published Version Download (267kB) |
![]() |
Text (bab V)
SKRIPSI ADLU_BAB 5.pdf - Published Version Download (172kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI ADLU_DAFPUS.pdf - Published Version Download (226kB) |
![]() |
Text (skripsi fulltext)
SKRIPSI FULL_ADLU AKBAR SATHIA NOVERGY (2110862026).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial kian memainkan peran penting yang mendorong kemudahan dalam pertukaran informasi dan komunikasi mancanegara, hal tersebut sekaligus berdampak terhadap pergeseran nilai dan unsur kebudayaan lokal. Rania Yamin sebagai seorang lifestyle influencer hadir menjadi salah satu solusi atas dinamika kehidupan modern yang terjadi melalui konten kehidupan yang ditampilkan dengan mode berkain dan berkebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya Rania Yamin dalam membangun personal branding sebagai lifestyle influencer dalam memasarkan tren mode berkain dan berkebaya, serta menganalisis peran Rania Yamin dalam perkembangan tren mode berkain dan berkebaya di kalangan generasi Z melalui platform TikTok. Metode yang digunakan adalah kualitatif untuk mengobservasi data dari unggahan konten TikTok @raniaayamin, serta informasi yang diperoleh melalui wawancara bersama beberapa informan terkait. Peneliti menyoroti personal branding Rania Yamin dengan teori personal branding melalui sembilan elemen diantaranya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya keberhasilan Rania Yamin dalam upaya membangun personal branding sebagai lifestyle influencer dengan ciri khas yang ditampilkan melalui mode berkain dan berkebaya. Berbagai konten gaya hidup yang dikemas secara kreatif namun tidak lepas dari mode berkain dan berkebaya, serta menghubungkan dengan segala unsur budaya dan tradisi lokal disetiap kontennya, menjadi kunci Rania hingga mampu memperkuat personal branding-nya sebagai lifestyle influencer. Pengemasan dan segmentasi konten serta kemampuan naratif Rania Yamin, sukses menghasilkan bentuk adaptasi budaya Indonesia diera modernisasi ini yang mampu menarik perhatian audiens generasi Z.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sarmiati, M.Si Ilham Havifi, M.I.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Personal Branding, Lifestyle Influencer, Berkain Berkebaya, TikTok |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 02:19 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 02:19 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/492999 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |