Afiyah, Nurzaimah (2025) Hubungan Self-Efficacy Dan Self-Disclosure Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Saat Mengerjakan Skripsi. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (242kB) |
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (288kB) |
![]() |
Text (BAB VII Penutup)
Bab VII Penutup.pdf - Published Version Download (217kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (328kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Stres merupakan kondisi yang sering dialami oleh mahasiswa tingkat akhir akibat peningkatan tuntutan akademik terutama dalam penyusunan skripsi, dengan prevalensi stres di Sumatra Barat mengalami peningkatan setiap tahunnya. Berbagai faktor yang dapat mempengaruhi stres diataranya adalah self-efficacy dan self-disclosure. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-efficacy dan self-disclosure dengan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas saat mengerjakan skripsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Analitik dengan menggunakan desain cross sectional. Pengumpulan data penelitian dilakukan pada bulan Februari 2025 dengan sampel sebanyak 156 mahasiswa yang menggunakan metode sensus (total sampling), data dianalisis menggunakan uji chi-square. Instrumen penelitian menggunakan Self-efficacy Scale, Revised Self-Disclosure Scale dan Student-Life Stress Inventory. Hasil penelitian menunjukkan Sebagian besar mahasiswa memiliki self-efficacy rendah (60,9%), hampir seluruh mahasiswa memiliki self-disclosure sedang (77,6%), dan sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat stres sedang (71,8%). Berdasarkan hasil uji statistik, terdapat hubungan yang bermakna antara self-efficacy dengan tingkat stres (p value = 0,000) dan terdapat hubungan yang bermakna antara self-disclosure dengan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas saat mengerjakan skripsi dengan (p value = 0,003). Mahasiswa keperawatan diharapkan dapat meningkatkan self-efficacy dengan membangun keyakinan diri dan mengurangi keraguan serta overthinking. Selain itu, meningkatkan self-disclosure, berbagi cerita secara mendalam dapat membantu memperoleh dukungan sosial, mengurangi stres, dan menemukan solusi efektif dalam menyusun skripsi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Esi Afriyanti, S.Kp., M.Kes |
Uncontrolled Keywords: | Mahasiswa, self-efficacy, self-disclosure, tingkat stres |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Program S1 Keperawatan |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 08:38 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 08:38 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/492402 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |