Eltia, Nalang (2025) Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Emotional Demonstration (Emo-Demo) terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Tentang Mencegah Anemia pada Siswi SMPN 21 Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version Download (414kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (186kB) |
![]() |
Text (Bab 7 Penutup)
Bab 7 Penutup.pdf - Published Version Download (128kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (164kB) |
![]() |
Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Pemenuhan asupan gizi yang tidak tercukupi pada masa remaja akan mengakibatkan munculnya masalah gizi pada remaja salah satunya anemia. SMPN 21 Padang merupakan sekolah yang paling tinggi mengalami anemia pada remaja putri di Wilayah Puskesmas Lubuk Kilangan Kota Padang Tahun 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode Emo-Demo terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mencegah Anemia di SMP Negeri 21 Padang. Penelitian kuantitatif dengan studi quasi eksperimental design one grup pretest-posttest pada bulan Desember 2024 di SMP Negeri 21 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah remaja putri kelas VII.1-VII.7 sebanyak 52 orang. Sampel di ambil dengan teknik accidental sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan uji Wilcoxon (p< 0,05). Hasil penelitian didapatkan bahwa sebanyak 51 responden memiliki pengetahuan yang kurang, 1 responden memiliki pengetahuan yang cukup, dan 6 responden yang memiliki sikap negatif tentang anemia sebelum intervensi. Pengetahuan dan sikap responden mengalami peningkatan setelah diberikan intervensi dengan metode Emo-Demo menjadi pengetahuan baik sebanyak 41 responden, cukup sebanyak 10 responden, dan kurang hanya 1 responden, serta seluruh responden memiliki sikap yang positif. Hasil uji Wilcoxon diperoleh p-value = 0,000. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode Emo-Demo terhadap pengetahuan dan sikap tentang mencegah anemia pada siswi SMPN 21 Padang. Siswi diharapkan mampu mengaplikasikan materi yang telah diperoleh tentang mencegah anemia dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | dr. Rauza Sukma Rita, Ph.D; Yantri Maputra, M.Ed, PH.D |
Uncontrolled Keywords: | Emotional Demontration; anemia; pengetahuan; sikap; remaja putri |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan |
Depositing User: | s5 sdffgdafgda kebidananddfvaevgdfgasdg |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 07:47 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 07:47 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/491854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |