Replikasi Inovasi Program Isyarat Berkomunikasi (ISY BOM) Bagi Anak Penyandang Disabilitas di Kota Padang

Fathimah, Azzahra Tianny (2025) Replikasi Inovasi Program Isyarat Berkomunikasi (ISY BOM) Bagi Anak Penyandang Disabilitas di Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (422kB)
[img] Text (Bab Akhir)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (473kB)
[img] Text (Tugas Akhir full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis Replikasi Inovasi Program Isyarat Berkomunikasi (ISY BOM) Bagi Anak Penyandang Disabilitas di Kota Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi tingginya angka anak dengan hambatan komunikasi di Kota Padang sehingga mereka kesulitan dalam mendapatkan hak-hak penyandang disabilitas, salah satunya adalah hak mendapatkan informasi. Sehingga inovasi ini dibentuk sebagai jawaban dari masalah tersebut. Inovasi ini diinisiasi oleh Dinas Pendidikan Kota Padang yang dilaksanakan oleh UPTD Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Kota Padang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah replikasi inovasi menurut Adriana Alberti dan Guido Bertucci yang terdiri dari praktisi ke praktisi, berbagi informasi, pemecahan masalah, panduan transfer, pelatihan berbasis pengetahuan, merekrut ahli, dan penghargaan dari program Isyarat Berkomunikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Dinas Pendidikan Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa replikasi ISY BOM telah berjalan cukup baik, didukung oleh workshop, penyebaran DVD, dan media sosial, meskipun konsistensi informasi melalui media massa masih perlu untuk ditingkatkan. Program ini berhasil meningkatkan kemampuan komunikasi anak penyandang disabilitas, menciptakan lingkungan inklusif, dan mendapat pengakuan sebagai juara ketiga dalam kompetisi inovasi tingkat Kota Padang Tahun 2019.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Muhammad Ichsan Kabullah, S.IP, M.PA; Kusdarini, S.IP, M.PA
Uncontrolled Keywords: Replikasi Inovasi; Isyarat Berkomunikasi; Dinas Pendidikan; Unit Pelaksana Teknis Daerah Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif; Kota Padang
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: S1 Administrasi Public
Date Deposited: 25 Mar 2025 07:14
Last Modified: 25 Mar 2025 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/491093

Actions (login required)

View Item View Item