Dinamika Kepribadian Tokoh Utama Novel ALIF karya Taufiqurrahman Al Azizy Tinjauan Psikologi Sastra

M Rizky, Ramadhan (2019) Dinamika Kepribadian Tokoh Utama Novel ALIF karya Taufiqurrahman Al Azizy Tinjauan Psikologi Sastra. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER_dan_Abstrak[1].pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB_I[1].pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
BAB_Akhir[1].pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar_pustaka_ddnx[1].pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK M Rizky Ramadhan.1210722005. Dinamika Kepribadian Tokoh Utama Novel ALIF Karya Taufiqqurrahman Al-Azizy Tinjauan Psikologi Sastra. Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Andalas.2019. Pembimbing I : Drs. M. Yusuf, M. Hum. Pembimbing II : Dra. Armini Arbain, M. Hum. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dinamika kepribadian tokoh utama ALIF karya Taufiqurrahman Al Azizy. Untuk mendapatkan hasil tersebut digunakan teori psikologi sastra dengan penerapan teori-teori psikoanalisa Sigmund Freud, Metode penelitian yang dipergunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan data-data yang sudah diidentifikasi lewat proses pembacaan berulang-ulang. Dalam analisis deskriptif ini, data yang diperoleh dicatat dan dipilih berdasarkan masalah yang akan dibahas. Analisisnya dilakukan dengan menganalisis dan mendeskripsikan beberapa unsur struktural dalam novel kemudian dilanjutkan dengan menganalisis dinamika kepribadian yang dialami oleh tokoh utama. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Wisnu merupakan seorang pemuda yang kehidupannya sedang terpuruk akibat meninggalnya ibu kandungnya, peris iwa meninggal ibunya tersebut berkaitan ketika dirinya sedang bermimpi dengan ibunya. Hal yang terjadi saat itu, suasana dan waktu tergambar sesuai dengan mimpinya. Akhirnya, dirinya sebagai tokoh utama menyesali begitu dalam kenapa dirinya tidak mampu menolong ibunya saat di dalam mimpi, tepat saat itu juga adiknya Zahra mulai membenci Tuhan, tidak cukup dengan membenci Tuhan adiknya Zahra menyalahkan Wisnu dan pergi dari kehidupan Wisnu. Wisnu pun tinggal sendirian, adik satu-satunya telah meninggalkannya. (2) Akibat dari kejadian tersebut, terjadilah dinamika kepribadian, yaitu upaya dari id terhindar dari bahaya, mengakibatkan memunculkan egodari penyaluran energi psikis id, agar ego tidak bebas mengendalikan kepribadian Wisnu, munculah superego sebagai bentuk aspek kepribadian yang bertugas mengontrol ego. Berdasarkan berbagai konflik dari tokoh Wisnu, didapatkan bahwa tokoh-tokoh utama memiliki dinamika kepribadian yang terdiri dari aspek naluri kehidupan, naluri kematian, sublimasi akibat kecemasan moral, serta mekanisme pertahanan ego. Dinamika kepribadian tersebut disebabkan oleh faktor sosiologis dan faktor religi. Kata-kata kunci : Dinamika Kepribadian, Tokoh Utama ALIF, Id, Ego, Superego, Neurosis, Sublimasi, Mimpi, Depresi, Frustasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. M. Yusuf. M.Hum Dra. Armini Arbain, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci : Dinamika Kepribadian, Tokoh Utama ALIF, Id, Ego, Superego, Neurosis, Sublimasi, Mimpi, Depresi, Frustasi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 30 Jul 2019 15:42
Last Modified: 30 Jul 2019 15:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49054

Actions (login required)

View Item View Item