PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN LINGKUNGAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus : Unit Produksi PT Semen Padang)

Rian, Hidayatullah Pratama (2019) PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN LINGKUNGAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus : Unit Produksi PT Semen Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan aspek kualitas produk dan aspek kinerja setiap karyawan punya peranan penting dalam menciptakan perusahaan yang mampu bertahan dan bersaing dalam persaingan dunia bisnis nasional bahkan internasional. Setiap perusahaan harus bisa selalu memperhatikan kinerja karyawan dalam memaksimalkan pelayanan yang diberikan. Penelitian ini dilakukan di Unit Produksi PT Semen Padang dengan jumlah responden sebanyak 106 karyawan. Penelitian ini menerapkan metode SEM berbasis varians atau PLS (SEM – PLS) dengan menggunakan software smartPLS 3.0 dalam proses pengolahan data. Penelitian ini berfokus untuk menganalisis pengaruh dari penerapan TQM terhadap kinerja karyawan, dan menganalisis bagaimana hubungan dan interaksi dari penerapan TQM dengan lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik yang dijadikan sebagai variabel moderating terhadap kinerja karyawan di Unit Produksi PT Semen Padang. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini memperlihatkan nilai t-statistik dari proses pengujian hipotesis terkait pengaruh penerapan TQM terhadap kinerja karyawan bernilai 7.368, yang berarti lebih tinggi dibandingkan dengan nilai kritisnya (1.96), sehingga hipotesis penelitian H1 diterima. Selain itu, untuk moderating effect 1 (lingkungan kerja fisik*TQM) memiliki nilai t-statistik (2.772) yang lebih besar jika dibandingkan dengan nilai kritis atau nilai t-tabel (1.96), sehingga hipotesis penelitian H2 dapat diterima, dan menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari hubungan penerapan TQM terhadap kinerja karyawan dengan lingkungan kerja fisik yang mampu memperkuat hubungan tersebut. Sedangkan untuk H3 ditolak, karena nilai t-statistik yang didapatkan (0.014) lebih kecil jika dibandingkan nilai kritisnya, sehingga dapat dinyatakan bahwa untuk lingkungan kerja non fisik tidak memiliki pengaruh yang signifikan, dan tidak mampu memperkuat ataupun memperlemah hubungan dari penerapan TQM terhadap kinerja karyawan di Unit Produksi PT Semen Padang. Kata kunci : SEM – PLS, Total Quality Management, kinerja karyawan, variabel moderating, lingkungan kerja, PT Semen Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Alizar Hasan, M.Sc
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 30 Jul 2019 10:55
Last Modified: 30 Jul 2019 10:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/49035

Actions (login required)

View Item View Item