Perancangan Strategi Pemasaran Susu Pasteurisasi di Usaha My Diary

Zulfi, Rezkia Kamilah (2025) Perancangan Strategi Pemasaran Susu Pasteurisasi di Usaha My Diary. S1 thesis, Universitas Adalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Text (Bab 1 Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
Text (Bab 6 Penutup).pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Text (Skripsi Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 27 February 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kota padang panjang merupakan kota di Provinsi Sumatera Barat yang mana berkembang pesat bidang pertanian dan peternakan. Pemilik My Diary merupakan salah satu peternak sapi perah di Kota Padang Panjang yang memproduksi susu pasteurisasi tanpa menggunakan pengawet sehingga produk harus tetap berada di dalam freezer di bawah suhu 4℃ agar dapat bertahan lama, dan membuat jenis produksi UMKM ini adalah make to order. Sejak terjadinya pandemi Covid-19, promosi dan jaringan distribusi pesanan My Diary terputus sehingga penjualan susu menurun. Metode regresi linear berganda digunakan dalam pengolahan data kuesioner kebutuhan dan preferensi konsumen untuk mengetahui kriteria konsumen terhadap pemilihan produk susu pasteurisasi. Strategi alternatif diberikan pada UMKM My Diary berdasarkan analisis konsep 7P marketing mix dalam analisis SWOT dengan pertimbangan preferensi konsumen dari hasil kuesioner. Bauran pemasaran yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli susu pasteurisasi secara signifikan adalah elemen produk (product), harga (price), promosi (promotion), bukti fisik (physical evidence) karena nilai t hitung > t tabel sebesar 1,966 dan nilai sig. < 0,05. Strategi alternatif yang cocok untuk usaha My Diary adalah strategi S-T yang fokus pada diversifikasi usaha dengan melakukan “memberikan harga khusus untuk pembelian melalui toko online sebagai promosi melalui media sosial”.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Prof. Dr. Rika Ampuh Hadiguna, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT; Kuesioner; Susu Pasteurisasi; Strategi; UMKM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 27 Feb 2025 06:53
Last Modified: 27 Feb 2025 06:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/489133

Actions (login required)

View Item View Item