Pengaruh penggunaan video animasi dan power point terhadap pengetahuan dan sikap anak tunagrahita terkait pencegahan kekerasan seksual di SLBN 1 dan SLBN 4 Kota Bengkulu

Azaara, Ayu Nabilla and UNSPECIFIED (2024) Pengaruh penggunaan video animasi dan power point terhadap pengetahuan dan sikap anak tunagrahita terkait pencegahan kekerasan seksual di SLBN 1 dan SLBN 4 Kota Bengkulu. S2 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text (TESIS FULL)
tesis full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Anak tunagrahita merupakan kelompok rentan yang beresiko untuk menjadi korban kekerasan seksual. Oleh sebab itu pendidikan seksual yang tepat menjadi langkah penting untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan mereka dalam melindungi diri. Media video animasi dipilih sebagai alat edukasi karena memiliki kelebihan dalam menyajikan informasi secara visual dan menarik, yang sesuai dengan kebutuhan belajar anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan video animasi terhadap pengetahuan dan sikap anak tunagrahita terkait pencegahan kekerasan seksual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experimental design menggunakan pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari 94 anak tunagrahita yang dibagi menjadi kelompok intervensi (47 anak) dan kelompok kontrol (47 anak) dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang lolos uji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Penelitian dilakukan dari bulan September – Oktober 2024. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam pengetahuan dan sikap anak tunagrahita sebelum dan sesudah intervensi, dengan p-value <0,05 untuk kedua variabel. Penggunaan video animasi terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap anak tunagrahita terkait pencegahan kekerasan seksual. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media video animasi sebagai bagian dari program pendidikan kesehatan dan pencegahan kekerasan seksual bagi anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa. Hal ini dapat menjadi langkah strategis bagi dinas pendidikan dan kebudayaan, sekolah, guru dan orang tua dalam memperkuat upaya perlindungan terhadap anak tunagrahita.

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: Prof. Dr. Ns. Meri Neherta., S. Kep., M. Biomed;Dr. Ns. Lili Fajria., S. Kep., M. Biomed
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Seksual,Video animasi, Pengetahuan anak tunagrahita, Sikap anak tunagrahita, Pencegahan Kekerasan Seksual
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > S2 Keperawatan
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 25 Jan 2025 02:52
Last Modified: 25 Jan 2025 02:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/488071

Actions (login required)

View Item View Item