PROSES ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA DIFABEL DALAM PERKULIAHAN DI UNIVERSITAS ANDALAS

Ishak, Bilqis Zehira Ramadhanti (2024) PROSES ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA DIFABEL DALAM PERKULIAHAN DI UNIVERSITAS ANDALAS. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (922kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
skripsi watermark upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Universitas Andalas secara resmi membentuk Unit Layanan Disabilitas (ULD) pada 29 April 2021. Pembentukan ULD merupakan pelaksanaan dari Permenristekdikti No.46 Tahun 2017 tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus di Perguruan Tinggi yang mewajibkan perguruan tinggi memberikan fasilitas bagi mahasiswa difabel. Sejalan dengan pembentukan ULD, Universitas Andalas membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri bagi calon mahasiswa difabel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses adaptasi mahasiswa difabel dalam perkuliahan di Universitas Andalas serta mendeskripsikan layanan pendidikan inklusif Universitas Andalas bagi mahasiswa difabel. Penelitian ini menggunakan teori Adaptasi Sosial oleh Soerjono Soekanto. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif tipe deskripstif dengan menggunakan metode studi dokumen, observasi, dan wawancara mendalam dengan informan yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling yaitu, mahasiswa difabel, ketua Unit Layanan Disabilitas Universitas Andalas, dosen, teman mahasiswa difabel, relawan, dan pendamping. Hasil penelitian menujukkan bahwa selama berkuliah, mahasiswa difabel menghadapi beberapa rintangan, yaitu sukarelawan pendamping belum tersedian, fasilitas kampus belum ramah difabel, minimnya disability awareness sivitas akademika kampus, sulit mempertahankan hubungan pertemanan, sulit memahami materi, dan tidak terbuka dengan kendala yang dimiliki. Berdasarkan rintangan yang dialami oleh mahasiswa difabel tersebut, mahasiswa difabel melakukan adaptasi sosial untk menyesuaikan dirinya. Adapun proses adaptasi sosial yang dilalui oleh mahasiswa difabel ialah mencari informasi mengenai layanan kampus, mengupayakan interaksi dengan sivitas akademika kampus, mencari bantuan damping, mengulas materi secara mandiri, mengikuti kegiatan nonakademik kampus, dan memanfaatkan layanan oleh ULD Universitas Andalas. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Universitas Andalas untuk menyediakan fasilitas inklusif sesuai dengan standar, agar mahasiswa difabel mendapat ruang yang lebih baik untuk beradaptasi di kampus.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 14 Jan 2025 07:37
Last Modified: 14 Jan 2025 07:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/485403

Actions (login required)

View Item View Item