Sadri, Atika Liutami Sadri (2024) TINDAK ILOKUSI YANG DIGUNAKAN GURU TK AISYIYAH 15 KOTA PADANG. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (cover&abstrak)
COVER DAN ABSTRAK ATIKA.pdf - Published Version Download (732kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (462kB) |
|
Text (BAB 4 PENUTUP)
BAB 4 PENUTUP.pdf - Published Version Download (311kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTKAA.pdf - Published Version Download (426kB) |
|
Text (FULL TEXT SKRIP[SI ATIKA LIUTAMI SADRI)
FULL TEXT SKRIPSI ATIKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Apa saja kategori tindak ilokusi dan cara pengungkapan tuturan yang digunakan oleh guru TK Aisyiah 15 Kota Padang?, (2) Apa saja fungsi tindak ilokusi yang digunakan oleh guru TK Aisyiah 15 Kota Padang?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan kategori dan cara pengungkapan tuturan tindak ilokusi yang digunakan guru TK Aisyiah 15 Kota Padang, (2) Untuk menjelaskan fungsi tindak ilokusi yang digunakan oleh guru TK Aisyiah 15 Kota Padang. Dalam penyediaan data digunakan metode simak dengan teknik dasar teknik sadap dan teknik lanjutan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) beserta teknik catat. Dalam analisis data digunakan metode padan. Metode padan yang digunakan adalah metode padan pragmatis dan metode padan translasional dengan teknik dasarnya teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dan teknik lanjutan Hubung Banding Membedakan (HBB). Dalam penyajian hasil analisis data digunakan metode informal. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan lima kategori tindak ilokusi yang digunakan guru TK Aisyiah 15 Kota Padang, yaitu 1) Tindak ilokusi asertif, seperti menyatakan, mengusulkan dan mengeluh, 2) Tindak ilokusi direktif, seperti memerintahkan, menuntut, dan memberi nasihat, 3) Tindak ilokusi komisif, seperti menjanjikan dan menawarkan, 4)Tindak ilokusi ekspresif, seperti memuji, berterima kasih dan menawarkan, 5) Tindak ilokusi deklaratif, seperti menolak. Berdasarkan cara pengungkapannya, tuturan guru TK Aisyiah 15 Kota Padang menggunakan tindak tutur langsung literal, tindak tutur langsung tidak literal, tindak tutur tidak langsung literal, dan tindak tutur tidak langsung tidak literal. Adapun fungsi tindak ilokusi yang digunakan guru TK Aisyiah 15 Kota Padang, yaitu 1) Fungsi competitive dengan tujuan memerintah, menuntut, dan meminta, 2) Fungsi convivial dengan tujuan menawarkan dan mengucapkan terima kasih, dan 3) Fungsi collaborative dengan tujuan menyatakan dan mengajarkan. Dengan ditemukannya seluruh kategori tindak ilokusi yang digunakan oleh guru TK Aisyiah 15 Kota Padang menunjukkan komunikasi digunakan secara beragam oleh guru dalam mengelola interaksi di kelas. Fungsi sosial dari komunikasi tersebut adalah untuk menciptakan suasana kelas yang harmonis dan kondusif selama proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Nadra, M.S. Dr. Aslinda, M.Hum |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Sastra Indonesia |
Depositing User: | s1 sastra indonesia |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 07:55 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 07:58 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/484925 |
Actions (login required)
View Item |