Yuliana, Yuliana (2024) Analisis Faktor Pendukung Preferensi Mahasiswa Universitas Andalas Memilih Layanan Angkutan Online Dengan Metode Fault Tree Analysis. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (cover dan abstrak)
1.COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (218kB) |
|
Text (bab 1 pendahuluan)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (200kB) |
|
Text (bab v penutup)
3. BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (166kB) |
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (198kB) |
|
Text (skripsi full text)
full skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Transportasi online merupakan jasa transportasi berbasis internet yang dapat diakses melalui aplikasi dalam smartphone, hal ini dikarenakan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat. Maraknya transportasi online di masyarakat nampaknya juga terjadi kawasan Universitas Andalas di Kota Padang. Hal ini mengakibatkan adanya persaingan antara angkutan online dan konvensional. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan minat mahasiswa Universitas Andalas memilih angkutan online. Metode penelitian yang digunakan adalah Fault Tree Analysis (FTA). Metode Fault Tree Analysis (FTA) merupakan salah satu metode analisis risiko yang dapat menunjukkan hubungan antar kegagalan dan probabilitas dari kegagalan tersebut. Penelitian ini dimulai dengan melakukan studi literatur untuk mendapatkan faktor yang mempengaruhi persepsi dan minat mahasiswa memilih angkutan online. Kemudian dilakukan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Universitas Andalas berdasarkan skala yang telah ditentukan untuk mengetahui persepsi dan minat mahasiswa memilih layanan angkutan online. Kemudian dilakukan pengolahan data menggunakan metode FTA. Langkah pertama dalam metode FTA yaitu mengidentifikasi top event, intermediate event, dan basic event. Perhitungan probabilitas pada setiap basic event didapatkan dari rata-rata data frekuensi dibagi dengan total rata-rata frekuensi. Setelah mendapatkan probabilitas dari setiap basic event, dilanjutkan dengan membuat fault tree atau pohon kesalahan dengan menggunakan simbol-simbol seperti simbol gerbang logika dan simbol kejadian. Simbol gerbang logika digunakan untuk mengetahui hubungan antar kejadian, sedangkan simbol kejadian digunakan untuk mengetahui sifat dari kejadian tersebut. Kemudian menghitung konstribusi pada masing-masing intermediate event, Dari hasil konstribusi tersebut kemudian dilakukan rekapitulasi untuk menghitung probabilitas faktor pendukung mahasiswa Universitas Andalas memilih angkutan online. Dimana aksibilitas sebesar 0,71 yang dapat diartikan sebagai kejadian yang sering terjadi, alasan pemilihan sebesar 0,76 yang dapat diartikan sebagai kejadian yang sering terjadi, pemilihan angkutan online 0,69 yang dapat diartikan sebagai kejadian yang sering terjadi, tujuan perjalanan sebesar 0,84 yang dapat diartikan sebagai kejadian yang selalu terjadi, dan frekuensi sebesar 0,81 yang dapat diartikan sebagai kejadian yang selalu terjadi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | YOSSYAFRA,S.T.,M.Eng.Sc.,Ph.D. |
Uncontrolled Keywords: | Transportasi online, Preferensi, FTA |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 10:31 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 10:31 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/483287 |
Actions (login required)
View Item |